Sukses

Basmi Korupsi, Menteri Venezuela Sebar Nomor Telepon Pribadi

Korupsi di tubuh kepolisian Venezuela marak hingga membuat kepercayaan publik terhadap aparat penegak hukum turun drastis.

Korupsi di tubuh kepolisian Venezuela marak hingga membuat kepercayaan publik terhadap aparat penegak hukum turun drastis.

Terkait hal itu, Menteri Dalam Negeri Venezuela Miguel Rodriguez turun tangan. Dia mengambil tindakan untuk membasmi korupsi di kepolisian.

Salah satu cara yang Rodriguez lakukan adalah menyebar nomor telepon pribadi dan meminta semua orang, terutama polisi, untuk menghubunginya saat menemukan praktik korupsi.

"Ada polisi yang baik. Tapi banyak yang telah merongrong rakyat. Tolong berikanku informasi apabila ada aparat polisi yang kotor dan kami akan 'merobek' kepalanya," kata Rodriguez sambi memberikan nomor pribadinya kepada publik saat upacara negara di Caracas, seperti dimuat BBC, Minggu (12/1/2014).

Rodriguez yang juga menjabat sebagai Kepada Badan Intelijen Venezuela itu menjelaskan, memberantas korupsi di tubuh kepolisian merupakan satu-satunya cara untuk memulihkan kepercayaan rakyat kepada aparat negara. Cara ini otomatis bisa mengurangi angka kriminal di Venezuela.

Langkah Rodriguez ini muncul setelah tewasnya Mantan Miss Venezuela Monica Spear bersama sang suami. Keduanya tewas ditembak saat berada di dalam mobil. Diduga pelakunya adalah kawanan perampok.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro juga tengah mengupayakan pemberantasan kejahatan dan korupsi. Dia mengumpulkan seluruh gubernur dan walikota dari 23 negara bagian untuk berkoordinasi melawan aksi kejahatan.

Maduro meminta semua aparat untuk bertindak dengan 'tangan besi', tegas kepada para penjahat. Dengan begitu, aksi kriminal dan kejahatan korupsi bisa dilenyapkan. (Riz/Yus)

Baca juga:

Penembak Mati Miss Venezuela 2004 dan Suami Ditangkap
Nahas, Miss Venezuela 2004 Tewas Ditembak di Dalam Mobil
Eks PM Israel Ariel Sharon Wafat, Warga Palestina Bergembira

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Venezuela