Sukses

Sebut Anas `Kelinci Percobaan`, Ruhut: Demokrat Siap Bela

Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul menawarkan bantuan hukum kepada Anas Urbaningrum.

Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul menawarkan bantuan hukum kepada Anas Urbaningrum, tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji pada proyek Hambalang. Hal itu disampaikan Ruhut karena prihatin dengan kinerja pengacara Anas.

"Saya sedih dengan Anas. Kalau tidak mau pakai pengacaranya, kami dari partai Demokrat siap bela Anas," tegasnya di Warung Daun, Cikini, Sabtu (11/1/2014).

Ruhut mengaku kaget ketika akhirnya pada Jumat, 10 Januari 2014 kemarin, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penahanan terhadap mantan Ketua Umum PB HMI itu.

Padahal menurut dia, Anas sebenarnya dapat bersikap kooperatif. Hanya, Ruhut menilai tim pengacara Anas yang mempengaruhinya, seperti mangkir pada pemanggilan pertama oleh KPK.

"Anas ditinggalkan oleh para pengacaranya yang pembangkang. Sudah bayar mahal, klien malah jadi kelinci percobaan, ini akibatnya. Lawyernya merasa jago. Padahal mungkin Anas masih bisa pulang kemarin ," kata Ruhut.

Ia bahkan menganjurkan kepada Anas untuk tidak perlu membayar mahal pengacara yang mengaku handal. Namun, kenyataannya justru merugikan Anas sendiri. Jika perlu, lanjut Ruhut, Anas sebaiknya menyewa pengacara baru yang masih jujur.

"Jadi uang itu (bayar pengacara) disimpen aja. Mending cari pengacara dari LBH, masih jujur. Lihat aja itu salah satu pengacara Anas pakai jaket partai kan sekarang," cetus Ruhut. (Ein)

Baca juga:

Makna Say Thanks Anas ke SBY di Mata Pakar Komunikasi
[VIDEO] Anas Ditahan, Ibunda Diam Membisu
Anas Dilempar Telur Alasan Keluarga Tolak Makanan KPK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.