Sukses

Pakaian Diplomat Wanita Dilucuti, India Minta AS Tarik Dubes

India dikabaran melakukan hal tersebut untuk mengobati sakit hati kepulangan Devyani dari AS ke India.

Pemerintah India kembali melancarkan langkah keras kepada Amerika Serikat terkait pertikaian diplomatik setelah diplomat India Devyani Khobragade ditangkap dan dilucuti pakaiannya saat pemeriksaan.

Setelah membekukan fasilitas komersial para diplomat AS yang berada di New Delhi, kini India meminta AS untuk menarik duta besar (dubes) mereka di New Delhi.

Seperti dimuat BBC, 10 Januari 2014, India dikabaran melakukan hal tersebut untuk mengobati sakit hati kepulangan Devyani dari AS ke India. Sumber lain menyebut ada pejabat AS yang turut terlibat dalam kasus Devyani. Namun tak dijelaskan pejabat yang berada di India atau AS.

India menanggapi dengan kemarahan setelah Khobragade, 39 tahun, ditangkap di depan sekolah anak-anaknya dan kemudian digeledah hingga telanjang saat dalam tahanan.

India menggusur pagar keamanan tambahan di kedutaan besar Amerika Serikat di New Delhi, menuntut rincian perjanjian kerja untuk petugas rumah tangga, yang dipekerjakan diplomat negara adidaya itu dan bahkan menghentikan kedutaan tersebut mengimpor alkohol bebas bea.

Pada Rabu, India memerintahkan pusat hiburan, yang disukai perantau Amerika Serikat di ibukota -New Delhi- berhenti menerima anggota bukan diplomat, sementara rencana kunjungan pejabat negara adidaya itu ke India dibatalkan.

Amerika Serikat pada tengah Desember 2013 lalu telah menyatakan penyesalan kepada India atas perlakuan terhadap diplomat berusia 39 tahun itu dan menimbulkan kemarahan di dalam negeri India.

Menteri Luar Negeri John Kerry mencoba mengakhiri perselisihan itu dengan menelepon penasehat keamanan nasional India Shivshankar Menon.

"Sebagai ayah dari dua perempuan berusia sama dengan Devyani Khobragade, menteri menekankan dengan penuh rasa peka bahwa kami mendengar dari India mengenai peristiwa setelah penangkapan nyonya Khobragade," kata pernyataan Departemen Luar Negeri AS. (Riz)


Baca juga:

Heboh Diplomat Wanita India di AS Dilucuti Pakaiannya
Pelucutan Pakaian Diplomat Wanita, India Desak AS Minta Maaf
Nahas, Miss Venezuela 2004 Tewas Ditembak di Dalam Mobil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.