Sukses

Batu Tanpa Nama di 5 Makam Terduga Teroris Ciputat

Kelima makam tersebut ditandai dengan batu biasa... tanpa nama.

5 Terduga teroris yang digerebek Densus 88 Antiteror Polri di Ciputat telah dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur. Kelima makam tersebut tampak berbeda dengan makam lainnya.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (4/1/2014), makam terduga teroris yang masing-masing bernama Nur Hidayat alias Dayat Kacamata, Rizal Al Ma'aruf, Nurul Haq, Fauzi Sardi Permana, dan Eduard alias Edo itu terletak di Blok AAI Blad 62 Unit Islam, yang jauh dari makam lain.

Tak seperti makam lainnya, yang dihiasi batu nisan atau kayu bertuliskan nama, serta taburan bunga-bunga, kelima makam tersebut hanya dihiasi batu biasa sebagai penanda makam. Tanpa nama.

Petugas TPU Adang mengungkapkan, hal tersebut lantaran permintaan keluarga terduga teroris. "Tadi memang keluarga minta nggak usah pakai nisan. Kenapanya saya kurang tau," ujar Adang kepada Liputan6.com.



Dia menjelaskan, awalnya dirinya mendapat perintah dari pihak keluarga untuk menggali 2 makam, bukan 5 makam. Sebab 3 yang lain belum pasti akan dimakamkan di mana. Tapi pada akhirnya ia diminta menjadi 5 makam.

"Sore saya gali 2 makam. Katanya yang 3 nanti saja soalnya belum pasti. Terus tadi pagi-pagi saya disuruh gali lagi 3 makam," tutur Adang.

Saat pemakaman, banyak keluarga dan kerabat yang hadir di lokasi. Kebanyakan para wanita berjilbab dan mengenakan cadar serta para pria berkopiah.

Saat ini, lokasi pemakaman kelimanya telah sepi. Para anggota keluarga telah meninggalkan TPU Pondok Rangon tak lama setelah prosesi pemakaman selesai. Hujan sempat mengguyur lokasi setelah kelima terduga teroris dikuburkan. (Riz/Sss)

Baca juga:

Wanita `Bercadar` Beritahu Lokasi Pemakaman 5 Terduga Teroris
12 Keluarga Terduga Teroris Ciputat Sambangi RS Polri
Jenguk Jenazah Teroris, 15 Pria Berpakaian Hitam Dihalau Polisi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini