Sukses

Menengok Peradaban Masa Lalu di Museum Wayang Kekayon

Tak hanya mengoleksi wayang Indonesia saja, museum ini juga mengoleksi wayang dari Thailand.

Citizen6, Yogyakarta:  Yogya adalah kota yang kaya, kaya budaya, kaya sejarah, kaya obyek wisata, hingga kaya akan kuliner  yang khas. Maka tidak heran apabila Yogya terkenal tidak hanya di seluruh  Indonesia, namun juga mancanegara.

Kekhasan Yogya yang mencolok dan membedakannya dengan beberapa provinsi lain di Indonesia yaitu terdapatnya Keraton Kesultanan Yogyakarta, yang membuat Yogya layak disebut sebagai salah satu tempat peradaban di Jawa. Dan Keraton Kesultanan Yogyakarta juga dijadikan salah satu tempat wisata budaya dan sejarah yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Ternyata tidak hanya Keraton Kesultanan Yogyakarta saja yang dapat dijadikan tempat wisata budaya dan sejarah, karena di Yogya masih banyak tempat-tempat lain diantaranya yaitu Museum Wayang Kekayon.

Museum Wayang Kekayon, dari namanya saja sudah dapat digambarkan bahwa museum ini adalah tempat untuk menyimpan wayang, dan itu tepat sekali. Museum ini terletak di Jalan Raya Yogya-Wonosari Km. 7, No. 277, Baturetno, Banguntapan, Kabupaten Bantul.  Museum Wayang Kekayon memiliki berbagai macam koleksi wayang yang terbilang cukup lengkap  diantaranya yaitu wayang Purwa, Madya, Gedhoog, 100 Kurawa, wayang Golek, wayang kreasi baru dan lain-lain.

Bahkan diantara koleksi-koleksi  wayang yang tersimpan di museum ini ada pula yang nyaris punah keberadaannya. Tak hanya mengoleksi wayang-wayang dari pelosok Indonesia saja, tetapi di museum ini juga terdapat koleksi wayang mancanegara salah satunya yaitu wayang Thailand. Museum yang dibangun atas inisiatif seorang dokter spesialis kesehatan jiwa ini juga menyimpan berbagai jenis wayang dari wayang kulit sampai patung wayang orang. Selain mengoleksi berbagai jenis wayang di museum ini juga mengoleksi berbagai topeng seperti Topeng Yogyakarta, Topeng Bali, Topeng Madura dan lain sebagainya.  

Selain yang disebutkan di atas, Museum Wayang Kekayon juga memiliki keistimewaan lain yaitu terdapat  sejumlah replika dan bangunan yang menggambarkan sejarah Indonesia dari zaman purba hingga saat proklamasi kemerdekaan Indonesia.  Museum yang sebagian besar bangunannya berarsitektur jawa ini memang tempat yang cocok untuk menambah pengetahuan terutama di bidang perwayangan dan sejarah.

Di kompleks Museum Wayang Kekayon  lingkungannya cukup hijau, karena terdapat pepohonan  yang rindang dan rerumputan  sehingga para pengunjung dapat menyegarkan diri sejenak setelah berkeliling menikmati wisata budaya.

Untuk para pecinta wayang utamanya, tidak afdol apabila berwisata ke Yogya tanpa mengunjungi Museum Wayang Kekayon. (kw)

Penulis:
Hesti Ratnasari
Boyolali, @HestiTyshary hestiratnasariXXX@gmail.com

Baca Juga:
Bekakak, Ritual Masyarakat di Ambarketawang, Jogja
Kophi Jogja (ber)`Janjiku untuk Bumi`
Sri Gethuk, Air Terjun (Masih) Alami di Jogja

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 3 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir
tahun dari Liputan6.com, Dyslexis Cloth, dan penerbit dari Gramedia bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini