Sukses

Pengamat: BPJS Cegah Suara Demokrat Merosot Lebih Jauh

Pengamat kebijakan publik Andrinof Chaniago menilai SBY saat ini sedang berusaha menaikkan suara Partai Demokrat dengan BPJS itu.

Program BPJS Kesehatan yang dinilai sebagai SBY Care ditengarai memiliki maksud terselubung menjelang Pemilu 2014. Pengamat kebijakan publik Andrinof Chaniago menilai SBY saat ini sedang berusaha menaikkan suara Partai Demokrat dengan BPJS itu.

"Menjaga suara Demokrat agar tidak merosot lebih jauh pada Pemilu 2014. Salah satunya BPJS Kesehatan ini diklaim dengan nama SBY Care," kata Andrinof kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (2/1/2014).

Selain itu, Andrinof juga menilai program itu mengandung unsur politis. Masalahnya tak ada dasar BPJS Kesehatan disebut sebagai SBY Care. Jadi berbeda jika BPJS Kesehatan disebut SBY Care atau disebut melebihi Obama Care.

"Sudah rebutan klaim. Apa dasarnya dinamakan SBY care? Kalau sejak awal SBY itu yang menggagas RUU-nya dulu, lalu didukung partainya dan sampai disahkan, baru itu boleh disebut SBY Care. Jauh sekali dengan Obama Care, sangat beda," ujar Andrinof.

Andrinof menuturkan, karena terlanjur BPJS Kesehatan diklaim dengan sebutan SBY Care, biarlah masyarakat nanti yang menilainya.

"Jadi biarlah fakta yang mengungkap antarklaim politisasi program tersebut," tandas Andrinof. (Ali)

Baca juga:

BPJS Kesehatan Ditargetkan Jangkau Seluruh Warga dalam 3 Tahun
Indra PKS: BPJS Justru Ungkap SBY Tidak Care 
Anggota Komisi IX DPR: SBY Care Malah Batasi Penerima JKN

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

    BPJS

  • SBY Care

Video Terkini