Sukses

[Resolusi 2014] Mendapat Beasiswa ke Luar Negeri

Di tahun 2014 ini ingin mempertahankan apa yang sudah diraih dan memperjuangkan apa yang belum digapai.

Citizen6, Jakarta: Di tahun 2014 ini ingin mempertahankan apa yang sudah diraih dan memperjuangkan apa yang belum digapai. Terlebih untuk mewujudkan semua impian yang belum tercapai. Impian terbesar saat ini adalah mendapat beasiswa ke luar negeri.

Mungkin impian ini terbilang sangat tinggi, tapi setiap insan boleh mempunyai mimpi dan pantas untuk mewujudkan apabila memiliki keyakinan yang cukup besar, dan tindakan kita sesuai dengan keyakinan yang kita miliki. Memiliki keyakinan tapi tidak dibarengi suatu tindakan sama saja bohong. Untuk merealisasikan impian tersebut, saya harus memenuhi semua persyaratan dan ketentuan untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Langkah pertama yang dilakukan yaitu lebih mengenal potensi diri dan memaksimalkan setiap usaha dengan memupuk keyakinan bahwa saya sanggup dan mampu. Langkah kedua yaitu terus berusaha mengembangkan kemampuan dalam bahasa asing. Diawal tahun ini akan mendaftarkan diri untuk meneruskan kursus di salah satu lembaga bahasa asing. Selain belajar otodidak, mempelajari kultur negara tujuan beasiswa, juga sedang saya pelajari.

Seperti mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Seperti itulah yang saya rasakan saat mempelajari kultur negara lain. Mengetahui kebiasaan masyarakat di sana menjadi hal yang harus dipersiapkan jika kelak menuntut ilmu di sana.

Langkah selanjutnya yaitu menanamkan dalam diri untuk selalu menyelesaikan apa yang sudah dimulai. Jangan sampai melakukannya dengan setengah hati, apalagi sampai menyerah di tengah jalan dan mulai tidak menyepelekan setiap hal kecil. Karna saya percaya dalam hal yang kecil terdapat suatu kesempatan yang besar.

Jika kemarin permah mengalami kegagalan, saya akan mengingatnya sebagai pelajaran. Tidak menjadikan kegagalan sebagai suatu hambatan, tapi menjadikan kegagalan sebagai tolak ukur seberapa besar usaha dan tindakan yang sudah saya buat untuk pencapaian prestasi. Karena kesuksesan itu tidak datang sendir. Semoga setiap langkah yang dilakukan dapat menuntun ke impian terbesar saya. (mar)

Penulis
Vania Kamila Andarini
Jakarta, vkamilxxx@gmail.com

Baca juga:
[Resolusi 2014] Berani Berbicara dan Tampil di Depan Umum
[Resolusi 2014] Adakah Calon Presiden Bervisi Maritim?
[Resolusi 2014] Menjadi Pribadi yang Lebih Baik bagi Orangtua


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 3 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com, Dyslexis Cloth, dan penerbit dari Gramedia bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.