Sukses

Prabowo Jajaki Kemungkinan Jokowi Sebagai Cawapres

Capres Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku memasukkan nama Joko Widodo dalam daftar cawapres yang akan mendampinginya.

Jelang Pemilu 2014, sejumlah calon presiden sudah mulai melirik siapa yang akan mendampinginya dalam pemilihan presiden nanti. Hal itu juga telah dilakukan calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Saat berziarah ke makam Proklamator Kemerdekaan Sukarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Minggu 22 Desember, Prabowo mengaku sudah melakukan komunikasi dengan beberapa partai besar untuk mencari cawapres, termasuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang masuk daftar orang yang akan mendampinginya.

"Wacana mungkin ada, tapi saya pikir lihat perkembangan. Dengan banyak tokoh saya komunikasi," ujarnya seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (23/12/2013).

Berdasarkan hasil beberapa lembaga survei, elektabilitas Prabowo berada di bawah bayang-bayang Joko Widodo sebagai calon presiden. Karena itulah Partai Gerinda tertarik untuk mengusung Jokowi sebagai pendamping Prabowo dalam Pilpres 2014.

Sementara itu, hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan kekhawatiran publik akan kelumpuhan roda pemerintahan di tahun 2014 mencuat seiring kesibukan partai politik menghadapi pesta demokrasi terbesar seperti pemilihan umum.

Mayoritas publik atau sekitar 60,88 persen menyatakan pemerintah tidak akan bisa bekerja dengan maksimal karena lebih mementingkan mengurus pemilu dibandingkan melayani rakyat.

Mayoritas publik juga khawatir jika menteri-menteri yang berasal dari partai politik tidak akan fokus dengan tugas-tugas mereka. Sebanyak 77,42 persen responden khawatir jika sejumlah menteri di kabinet lebih mementingkan partai dan dirinya yang kembali maju sebagai calon anggota legislatif ataupun calon presiden.

Faktor tingginya kekhawatiran publik tidak terlepas dari buruknya sistem pemerintahan koalisi ketidaktegasan presiden yang mengizinkan menteri merangkap jabatan struktural partai dan keengganan menteri dari parpol untuk mengundurkan diri. (Ado)

Baca juga:
Ditemani Puluhan anak Buah, Prabowo Ziarah ke Makam Bung Karno
Prabowo Didaulat Jadi Anggota Kehormatan GP Anshor
Prabowo-JK Jadi 'Pasangan' Pilpres 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini