Sukses

Amankan Natal, Kapolri Gandeng TNI, Bulog, BMKG, Basarnas

Kapolri Sutarman menggelar rapat koordinasi dengan TNI, Bulog, BMKG, dan Basarnas untuk mematangkan persiapan Natal dan Tahun Baru.

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman menggelar rapat koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, di antaranya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Urusan Logistik (Bulog), TNI, Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas), serta lainnya untuk mematangkan persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru dalam Operasi Lilin 2013.

"Kita mengumpulkan seluruh kementerian dan lembaga, termasuk BMKG, Bulog, TNI, Basarnas. Karena kita rakyat kita akan merayakan Natal dan Tahun Baru," kata Sutarman di Ruang Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Ia menjelaskan, antisipasi terhadap kerawanan jelang Natal dan Tahun Baru perlu ditingkatkan untuk koordinasi. Sebagai contoh, peran Bulog diminta untuk menyiapkan segala kebutuhan pokok masyarakat pada 2 momen itu.

"Kerawanan yang tadi saya sampaikan di dalam itu begitu ada kegiatan masyarakat ada pesta biasanya, ada kekurangan kebutuhan pokok. Sehingga Bulog harus menyediakan kebutuhan pokok itu. Sehingga tidak menimbulkan gejolak sosial," ujar Sutarman.

Sedangkan BMKG, kata Sutarman, untuk monitor dari sisi cuaca, jika kemungkinan terjadi bencana alam. Sehingga jauh sebelum kejadian dapat mempersiapkan personel.

Sutarman menjelaskan, untuk pengamanan, 96 ribu personel disebar di pusat keramaian, terminal serta pelabuhan laut, dan bandar udara. Hal itu untuk memantau penumpukan masyarakat. "Kita sudah persiapkan personel untuk keamanan, sehingga rakyat yang akan mudik kemana pun ada petugas di sana," ujar dia.

Selain itu, bila masyarakat mengalami gangguan keamanan dan ketertiban, polisi juga telah bersiaga. Hal itu agar masyarakat nyaman dalam merayakan Natal dan Tahun Baru. Selain itu anggota polisi juga disebar untuk menjaga gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan serta lokasi lain yang ramai dikunjungi masyarakat. Serta rumah yang ditinggal masyarakat saat mudik.

"Ada sekitar 1.900 lebih posko pengamanan yang dibangun di tempat-tempat strategis," tutup Sutarman. (Mvi/Sss)

Baca juga:
Antisipasi Teror Natal, Polri Turunkan Ratusan Ribu Personel
Polda Metro Jaya: Seluruh Gereja Rawan, 162 Pos Disiapkan
Tjahjo PDIP: SBY `Warning` Keamanan Natal, Jangan Kecolongan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini