Sukses

Polda Metro Jaya: Seluruh Gereja Rawan, 162 Pos Disiapkan

Polda Metro Jaya mengaku sudah siap menjalankan pengamanan pada saat natal dan tahun baru 2014 mendatang. Ribuan pasukan telah disiapkan.

Polda Metro Jaya mengaku siap melakukan pengamanan saat Natal dan Tahun Baru 2014 mendatang. Bahkan, kini ribuan pasukan gabungan telah disiapkan untuk menjaga gereja diseluruh wilayah Ibu Kota. Penjagaan akan dilakukan sejak malam misa Natal.

"Seluruh gereja rawan, baik besar maupun kecil. Jadi pasukan difokuskan untuk mengamankan gereja-gereja sejak malam misa natal," kata Wakapolda Metro Jaya Brigadir Jenderal Polisi Sujarno di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/12/2013).

Polri juga menghimbau seluruh jemaat gereja yang ingin melaksanakan misa natal, tidak membawa barang-barang yang mencurigakan. Setiap gereja nantinya akan dilakukan sterilisasi. Gereja-gereja itu juga akan dipantau dan dijaga anggota kepolisian yang bertugas di setiap pos pengamanan.

"Akan ada 162 pospam untuk setiap gereja. Seluruh petugas akan di-potting setiap pospam. Namun ada gereja yang diprioritaskan. Seperti Katedral dan Immanuel, karena gereja itu besar," ungkapnya.

Aksi terorisme, kata Sujarno, juga tidak luput dari perhatian para aparat kepolisian. Ancaman teror bom juga pasti akan menjadi fokus pengaman.

"Terorisme akan kita coba meminimalisir dengan pengamanan dan sterilisasi. Dengan menempatkan pasukan-pasukan di dalam gereja dan juga sekitar gereja. Pasukan Densus 88 sudah siap," terangnya.

Sujarno melanjut, pada hari jumat tanggal 20 Desember 2013 mendatang pihaknya akan gelar perlengkapan dan peralatan pengamanan Natal di lingkungan Monumen Nasional (Monas). (Adm/Ism)

[Baca Juga: SBY: Ada Elemen yang Mengganggu Jelang Natal dan Tahun Baru]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini