Sukses

Antisipasi Teror Natal, Polri Turunkan Ratusan Ribu Personel

Mabes Polri menurunkan ratusan ribu personelnya di berbagai wilayah Indonesia dalam Operasi Lilin 2013.

Mabes Polri menurunkan ratusan ribu personelnya di berbagai wilayah Indonesia dalam Operasi Lilin 2013. Operasi tersebut digelar dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal dan pergantian tahun.

"Untuk kepolisian di Indonesia terlibat lebih 92 ribu (personel) terdiri dari Mabes Polri, dan Polda 91 ribu," ujar Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Polisi Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Senin (16/12/2013).

Pelaksanaan Operasi Lilin 2013 dilaksanakan pada 23 Desember sampai 1 Januari 2014. Pelaksanaan operasi sifatnya terpusat dengan melibatkan seluruh polda yang terbagi pada polda prioritas 1 dan 2.

"Untuk polda prioritas 1 terdiri dari Polda Sumatera Utara, Metro Jaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Papua, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Tengah menjadi prioritas pertama dalam pengamanan. Sedangkan polda lainnya prioritas kedua," ujar dia.

Pengamanan dengan sandi Operasi Lilin 2013 diprioritaskan di tempat-tempat ibadah, seperti gereja-gereja. Selain itu di pusat keramaian, dan kawasan wisata. Dengan harapan perayaan Natal, khususnya pelaksanaan ibadah dan rangkaian kegiatan tahun baru dapat aman, nyaman, dan tertib. "Masyarakat dapat melaksanakan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya," ujar dia.

Boy menambahkan, perlunya aparat kepolisian mewaspadai pengamanan di jelang Natal karena diduga ada kelompok teroris yang hendak mengacaukan keamanan negara. Sebabnya, diperlukan deteksi dini terhadap ancaman teror di menjelang Hari Natal dan pergantian tahun.

"Wajib hukumnya kepada seluruh jajaran kepolisian. Seluruh anggota kepolisian wajib meningkatkan kewaspadaan dan kualitas rasa aman," ungkap Boy.

Boy menjelaskan, untuk pengamanan di malam Natal nanti, petugas ditempatkan di tempat ibadah, yang ditentukan oleh kepala satwil masing-masing daerah. Sedangkan personel yang diturunkan juga disusun oleh kasatwil masing-masing wilayah itu sendiri. (Mvi/Mut)

[Baca juga: Amankan Natal & Tahun Baru, Polda Metro Kerahkan 10.198 Personel]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini