Sukses

Tips SEO 2013 : Google Authorship Dan Author Rank

Google Authorship merupakan Salah satu tips SEO terpenting di tahun 2013 dan beberapa tahun mendatang.

Google Authorship merupakan Salah satu tips SEO terpenting di tahun 2013 dan beberapa tahun mendatang.

Pada beberapa tahun terakhir hingga 2013 ini, Google semakin serius menggarap kualitas algoritma mesin pencarinya dengan merilis berbagai algoritma baru seperti algoritma Google Panda dan Google Penguin.

Tujuan utama dari kedua jenis algoritma ini tentu saja guna menjaga kualitas hasil pencarian search engine Google yang pada beberapa waktu belakangan lebih banyak didominasi konten-konten marketing, konten hasil duplikasi, konten yang hanya dibuat untuk tujuan optimasi SEO serta berbagai konten lain yang kurang memberikan para pengguna mesin pencari akan informasi yang mereka inginkan.

Selain kedua algoritma diatas, Google ternyata memiliki sebuah mekanisme unik, yang memperlihatkan visi masa depan Google akan model filter kualitas konten yang terindex pada databasenya. Filter kualitas konten ini menunjukkan arah masa depan seach engine Google yang mendekati kemampuan layaknya manusia.Tujuan ini telah dimulai Google dengan langkah awal yaitu memanusiakan konten-konten itu sendiri.

Dalam kaitan dengan memanusiakan konten inilah, kita mengenal sebuah mekanisme yang disebut dengan Google Authorship.

Google Authorship : Sisi Manusiawi Mesin Pencari

Google menginginkan lewat mekanisme Google authorship, bahwa setiap konten yang terindex dalam databasenya memiliki keterangan akan sosok yang membuat konten demi konten tersebut.

Keterangan ini menunjukkan beberapa hal :

- Nama penulis konten
- Foto penulis konten
- Aktifitas penulis

Dengan adanya keterangan ini akan diketahui siapa sebenarnya pemilik dari suatu konten, hingga Google akan mampu mengenali mana konten yang asli dari sedemikian banyak konten terduplikasi.

Google authorship juga acap disebut sebagai mekanisme Ownership, Online Copyrighting, Online signature dan lainnya.

Karena setiap konten ini terhubung dengan penulisnya, maka Google akan memberikan penilaian secara berbeda bagi setiap penulis sesuai dengan kualitas dan kuantitas aktifitas yang dilakukannya di internet.

Semakin konsisten seorang penulis membuat konten akan suatu tema, frekuensi interaksi yang terjadi pada konten yang telah dibuatnya baik pada onsite konten itu sendiri, atau pun pada akun situs jejaring Google+ nya, Google akan memberikan penulis peringkat penilaian yang disebut dengan Author Rank.

Semakin aktif penulis serta lingkaran-nya pada jejaring sosial Google+, akan menyumbangkan nilai plus yang akan terus terakumulasi sebagai nilai dari Author Rank yang dimiliki penulis.

Lantas pertanyaannya kemudian adalah, apa sebenarnya fungsi Author Rank?

Author Rank adalah istilah yang muncul untuk menyebut authority seorang author yang telah mengaplikasikan Google Authorship. Dengan Authorship, Google akan men-tracking setiap konten demi konten yang diproduksi sang author lalu kemudian menilainya dalam berbagai aspek. Hasil penilaian inilah yang kemudian akan menjadi nilai authority sang author yang disebut dengan Author Rank.

Semakin tinggi author rank seorang penulis, akan berbanding lurus dengan semakin tingginya tingkat kepercayaan Google pada penulis, sehingga Google pun akan menyikapi secara spesial konten demi konten yang dibuat oleh penulis dengan memberikan konten-konten tersebut posisi peringkat yang lebih baik pada halaman hasil pencarian Google (better SERP ranking).

Google Authorship, Tips SEO Praktis di 2013

Google sangat idealis dengan konsep Authorship yang akan memanusiakan konten-konten yang bertebaran di internet, namun perlu diakui Google Authorship memang merupakan sebuah langkah besar Google guna memberikan hasil pencarian terbaik bagi para penggunanya yang berdasarkan data desember 2012 lalu telah mencapai 1,17 milyar pengguna. (Andri Yarusman/KW)

*Andri Yarusman adalah seorang praktisi SEO bisa dihubungi di go.freedom@ymail.com atau http://www.andriyarusman.com

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini