Sukses

Google Authorship Tingkatkan Kredibilitas Online

Google Authorship merupakan sebuah mekanisme yang dibangun Google untuk menjaga kualitas hingga orisinalitas informasi yang diberikannya pada halaman hasil pencarian (search engine).

Citizen6, Jakarta: Google Authorship merupakan sebuah mekanisme yang dibangun Google untuk menjaga kualitas hingga orisinalitas informasi yang diberikannya pada halaman hasil pencarian (search engine). Hasil dari mekanisme ini tentu saja Google ingin mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan mesin pencari terbaik, terlengkap dan terpercaya di dunia.

Secara teknis, Google authorship hanya akan berlaku jika seorang penulis memiliki akun Google+, menerakan informasi situs-situs dimana ia berkontribusi dan kemudian menautkan tulisannya pada berbagai situs tersebut kembali ke halaman Google+ nya. Setiap orang bisa saja mengakui dirinya sebagai Barack Obama pada akun Google+, namun tidak setiap orang bisa membuat tautan balik ke arah profile Google+ pada halaman situs Barack Obama selain Obama sendiri, maka melalui pola interlinking seperti inilah tercipta sistem verifikasi antara seorang kontributor dengan situs dimana ia memberikan kontribusi berbagai informasi.

Secara konsep, melalui mekanisme Google Authorship, Google memiliki wadah yang sempurna untuk menghimpun informasi dan kredibilitas seseorang melalui berbagai tulisannya di internet. Semakin konsisten seorang kontibutor menulis suatu topik, men-share informasi dan menjaga interaksi sosial yang terjadi pada akun Google+ nya, pada suatu level tertentu Google pun akan sampai pada kesimpulan bahwa sang kontributor merupakan sumber terpercaya mengenai topik yang selama ini dituliskannya.

Author Rank adalah istilah yang digunakan oleh Google untuk menyebut level authority  seorang kontributor hasil dari implementasi Google Authorship. Semakin kuat dan tinggi level author rank seorang kontributor, Google pun akan semakin mempercayai informasi yang ditulisnya. Jika Google sudah sampai pada kesimpulan bahwa seorang kontributor merupakan sumber informasi terpercaya (topic authority) , Google akan me-rewards berbagai tulisannya pada situs-situs dimana ia berkontribusi dengan memberikan peringkat terbaik pada halaman hasil pencarian.

Tentu saja, membangun author rank melalui implementasi Google authorship merupakan upaya membangun kredibilitas online yang sangat berharga bagi mereka yang biasa menulis di internet, entah itu pada wadah berupa blog, situs-situs berita, forum dan lainnya. Author rank yang didapatkan merupakan aset berharga yang menambah nilai jual skill menulis yang mereka miliki.

Tertarik untuk membangun erat hubungan anda dengan Google sebagai seorang penulis ahli? Ingin setiap tulisan yang anda buat menempati peringkat hasil pencarian yang cukup tinggi? Jika jawabannya adalah Ya!. Maka saran saya, mari aplikasikan Google Authorship dari sekarang. (Andri Yarusman/KW)

*Andri Yarusman adalah seorang praktisi SEO bisa dihubungi di go.freedom@ymail.com atau http://www.andriyarusman.com

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini