Sukses

6 Alasan Situs Anda Lakukan Optimasi SEO

Bisnis online adalah aktifitas bisnis yang dilakukan di internet. Kita menjual produk atau jasa melalui berbagai media yang ada didalamnya.

Citizen6, Jakarta: Bisnis online adalah aktifitas bisnis yang dilakukan di internet. Kita menjual produk atau jasa melalui berbagai media yang ada didalamnya. Media tersebut sangatlah beragam. Mulai dari media sosial seperti forum, situs jejaring sosial (facebook, twitter, youtube), toko online dan berbagai media sejenis sebagai tempat mereka memasarkan produk dan jasa.

Dengan memanfaatkan berbagai media di atas, seorang pebisnis online hanya tinggal menggunakan fitur-fitur yang ada. Walau tentu penggunaannya terbatas hanya pada apa yang telah disediakan oleh media tersebut. Sebagai solusi, para pebisnis online juga banyak membuat wadah aktifitas bisnisnya dengan membangun sebuah situs sendiri.

Keberadaan situs ini merupakan perwakilan resmi mereka di internet. Dengan sebuah situs maka pebisnis online memiliki lebih banyak ruang dan kebebasan dalam mengekspresikan gaya bisnis hingga hal-hal paling detil dari bisnisnya kepada onliner.

Namun sebuah masalah muncul saat hasil penjualan melalui situs tidak memuaskan, dibandingkan hasil yang mereka dapatkan dari media-media sosial dimana terlihat jauh lebih besar dan menguntungkan.

Gambaran diatas memang merupakan realita yang sering dialami para pebisnis online yang baru saja mencoba keberuntungan di dunia online. Masalah  ini terjadi karena  masih hijaunya pengalaman dan pemahaman mereka akan bisnis di internet.

Meski mereka telah membangun sebuah situs dengan desain menarik dan fitur lengkap, itu belum cukup. Langkah selanjutnya adalah mencari caranya agar banyak pengunjung potensial yang datang. Salah satunya adalah dengan cara optimasi.

Di dunia internet marketing dikenal 3 (tiga) jenis upaya optimasi yang bisa dilakukan untuk mendatangkan pengunjung yaitu :  SEO ( search engine optimization ),  SEM ( Search engine marketing ) dan  SMO ( Social Media Optimization )

Sebagai praktisi SEO, maka saya merekomendasikan para pebisnis melakukan optimasi SEO karena:

  1. SEO merupakan teknik optimasi yang membuat situs anda muncul pada halaman pertama hasil pencarian (SERP) mesin pencari.
  2. Dengan teknik SEO maka situs anda akan mendapatkan pengunjung potensial dari mesin pencari yang akan membeli produk yang anda jual
  3. Faktanya para pengguna internet lebih banyak menggunakan mesin pencari untuk mencari / membeli keperluannya dibandingkan melalui situs jejaring sosial
  4. Semakin hari, penggunaan mesin pencari semakin mudah dengan adanya perangkat smartphone, tablet dan sejenisnya
  5. Situs yang telah SEO optimized akan populer pada hasil pencarian mesin pencari, sehingga dengan begitu akan meningkatkan brand awareness bisnis yang anda miliki
  6. Dan tentu saja SEO akan turut membantu esksistensi situs / bisnis anda pun semakin besar pada situs jejaring sosial

Namun optimasi SEO itu tidak gratis. Untuk itu sebelum memutuskan apakah bisnis anda perlu sentuhan SEO, terlebih dahulu perlu dilakukan riset pasar akan popularitas produk yang anda jual, apakah produk tersebut telah banyak dicari para pengguna mesin pencari?

Jika diperkirakan hasil penjualan produk lebih besar dibandingkan biaya optimasi SEO-nya, maka sudah seharusnya anda segera melakukan optimasi SEO sedari sekarang.

*Andri Yarusman adalah seorang praktisi SEO bisa dihubungi di go.freedom@ymail.com atau http://www.andriyarusman.com

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.