Sukses

Yulianis: Ibas Terima US$ 200 Ribu, Bukan US$ 900 Ribu

Yulianis kembali menegaskan bahwa putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima dana dari Nazaruddin.

Yulianis, mantan anak buah mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin, yang juga mantan Wakil Direktur Keuangan Permai Grup angkat bicara soal Edhie Baskoro Yudhoyono. Yulianis kembali menegaskan, putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima dana dari Nazaruddin.

"Saya yakin, dalam catatan saya, yang benar adalah US$ 200 ribu, bukan yang berkembang saat ini US$ 900 ribu," kata Yulianis dalam wawancara eksklusif wartawan RCTI, Michael Tjandra, yang ditayangkan, Jumat (22/3/2013).

Menurut Yulianis, ada pernyataan dirinya yang diputar-balikkan media. Karena Yulianis tidak pernah menyebut adanya aliran dana US$ 900 ribu kepada Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu.

Yulianis sangat yakin dengan catatan yang dimilikinya. Karena dirinya mencatat semua uang keluar dan masuk di perusahaan milik M Nazaruddin itu. "Saya hanya menjelaskan dalam catatan saya," kata Yulianis.

Yulianis sempat ragu apakah nama Ibas itu adalah putra dari Presiden SBY. Yulianis pun bertanya kepada mantan atasannya, Nazaruddin. "Apa itu Ibas anaknya Pak Presiden Pak?" kutip Yulianis kepada Nazar. Nazar saat itu menjawab, "Iya," kata Yulianis.

Yulianis pun mengaku kaget saat mengetahui itu adalah Ibas, putra Presiden SBY. "Tapi Pak Nazar sangat senang melihat saya terkaget-kaget," ujar dia.

Pada Rabu (20/3/2013) lalu, Ibas melaporkan Yulianis ke Polda Metro Jaya atas tuduhan menerima uang dana Hambalang senilai US$ 200 ribu saat Kongres Partai Demokrat pada 2010 lalu. Menurut Ibas, pernyataan Ibas itu tidak berdasar dan sangat merugikan dirinya serta keluarga.

"Saya tidak pernah menerima uang sebagaimana dikatakan oleh saudari Yulianis," kata Ibas usai mendatangi Sentra Pengaduan Polda Metro Jaya di Jakarta, Rabu (20/3/2013). "Sementara, saya pun sama sekali tidak pernah kenal dengan saudari Yulianis."

Saat wawancara eksklusif dengan SCTV dalam "SBY dan Keluarga Bicara", Ibas juga membantah menerima aliran dana seperti yang disampaikan Yulianis. "Saya sampaikan, tuduhan yang dituduhan kepada diri saya bahwa saya menerima uang, tidak benar. Saya menghargai proses demokrasi, saya mengahargai kebebasan pers. Tapi kebebasan pers yang beretika. Tentunya harus diklarifikasikan kepada yang bersangkutan," kata Ibas.

Berikut bantahan-bantahan Ibas:
1. VIDEO: Ibas di Batas Kesabaran
2. Ibas: Pernyataan Yulianis Merugikan Saya Pribadi dan Keluarga
3. Ibas: Saya Tak Pernah Terima Uang Seperti Yang Disebut Yulianis
4. Ibas Siap Diperiksa KPK

(Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini