Sukses

Menengok Bisnis Ikan dan Penerbangan Susi Pudjiastuti

Hanya lulusan SMP, Susi Pudjiastuti mampu membangun bisnis perikanan dan penerbangan dengan keuntungan ratusan milyar rupiah.

Liputan6.com, Pangandaran - Suasana sepi dan banyak karangan bunga sebagai ucapan selamat menghiasi rumah Susi Pudjiastuti di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat, pasca-diumumkan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja semalam. Karangan bunga ucapan selamat berdatangan dari sahabat maupun kolega bisnis.

Sepeti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (27/10/2014), di lingkungan rumahnya tidak terlihat adanya kesibukan yang berarti. Hanya terlihat dua karyawan yang sedang menonton televisi terkait pengumuman Susi sebagai menteri. Sementara itu di lingkungan pabrik pengolahan ikan pun terlihat sepi.

Begitu juga dengan kantor Susi Air yang lokasinya berdampingan dengan pabrik pengolahan ikan terlihat seperti biasanya saja. Para karyawanya disibukkan dengan rutinitas seperti biasa.

Susi merupakan sosok menteri yang unik. Secara formal ia hanya lulus SMP. Wanita kelahiran Pangandaran ini dikeluarkan saat duduk di kelas 2 SMA, karena kampanye golput, satu hal yang diharamkan di era Soeharto.

Meski demikian Susi berhasil membangun bisnis di bidang perikanan dan penerbangan. Hingga awal 2012, Susi Air mengoperasikan 50 pesawat yang melayani 200 penerbangan perintis dengan keuntungan Rp 200 miliar per tahun. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.