Sukses

Menteri Susi Pudjiastuti Pernah Bersekolah di SMA Ini

Susi Pudjiastuti memang berbeda dengan para menteri Kabinet Kerja yang latar pendidikannya rata-rata perguruan tinggi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Susi Pudjiastuti yang dipilih Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Kerja telah resmi dilantik bersama para anggota Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta siang tadi.

Susi memang berbeda dengan menteri yang latar pendidikannya rata-rata perguruan tinggi. Direktur Utama PT ASI Pudjiastuti Aviation itu hanya mengantongi ijazah sekolah menengah pertama (SMP). Kendati demikian, Susi Pudjiastuti diketahui sempat mengenyam bangku sekolah menengah atas di Yogyakarta.

Hal itu disampaikan Humas SMAN 1 Yogyakarta Subadiono. Lelaki yang akrab disapa Dion tersebut membenarkan Menteri Kelautan dan Perikanan itu pernah menjadi siswa di sekolahnya hingga di kelas 2.

Hanya saja ia tidak mengetahui alasan pasti Susi hanya sampai di bangku kelas dua SMA. Sebab dalam catatan administrasi sekolah hanya tercantum Susi keluar dari sekolah. Dion menyebut Susi masuk ke SMAN 1 tahun 1980 dan keluar tahun 1982.

"Nilainya, nggak begitu mencermati ada nilainya. Kelas satu ada, tapi kelas duanya nggak ada nilainya. Tampaknya dia kos di sini. Nggak ada alamat. Kan SMP-nya dia juga di Pangandaran," ujar Dio kepada Liputan6.com di Kota Yogyakarta, Senin (27/10/2014).

Dion menyebut hubungan SMAN 1 dengan Susi Pudjiastuti kembali berjalan ketika Susi telah sukses mendirikan usaha perikanannya di Pangandaran, Jawa Barat. Hubungan itu terjalin ketika adik kelas dari Susi mengunjungi perusahaannya untuk studi tur dan penelitian perikanan di perusahaannya.

"Dia kan seusai saya. Jadi saya belum ngajar waktu itu. Saya pernah ketemu waktu itu di Pangandaran melihat usahanya itu. Eksportir ikan, lobster. Dalam rangka studi penelitian ke sana melihat perusahaan itu juga," ujar dia.

Dion sebagai perwakilan sekolah mengaku Susi Puadjiastuti sosok yang baik hati dan mau memberikan ilmu dan pengalaman kepada adik-adik almameternya. Bahkan saat itu walaupun sudah sukses dengan bisnis ikannya Susi sangat menerima kedatangan tamu yang belajar dan ingin tahu pengalamannya sebagai pebisnis.

Pengalaman yang dimiliki Susi Puadjiastuti tidak pelit dibagi kepada siswa SMAN 1 Yogyakarta. "Dia bagus menerima kami dengan baik bisa menyampaikan pengalamannya punya usaha seperti itu. Dia banyak cerita kepada adik-adik di SMAN 1 Yogyakarta," ujar Dion.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.