Sukses

Tak Lulus SMA jadi Menteri Jokowi, Susi Janji Kerja Maksimal

Susi Pudjiastuti‎ (Kanan) mengaku tak masalah bila rekam jejak akademiknya disoroti sejumlah pihak (Antara)

Liputan6.com, Jakarta - Terdapat satu nama yang cukup mencuri perhatian dari 8 perempuan yang resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi menteri pada Kabinet Kerja. Adalah Susi Pudjiastuti‎ yang ditunjuk sebagai menteri Kelautan dan Perikanan.

Pemilik Maskapai Penerbangan Susi Air itu mengakui dirinya tidak seperti kebanyakan menteri lain yang berlatar belakang sarjana hingga doktor. Dia tak lulus Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Saya nggak berpendidikan, sedangkan kebanyakan kabinet dari profesor. Orang boleh berpikir, tapi kalau boleh saya juga mengklaim seorang profesional," kata Susi jumpa pers di Grand Hyaat, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (26/10/2014).

Susi mengaku tak masalah bila rekam jejak akademiknya disoroti sejumlah pihak. Tapi wanita yang diketahui sebagai bos PT ASI Pudjiastuti Marine Product berjanji akan bekerja sebagai menteri secara maksimal dengan segala kemampuan dan pengalaman yang ia miliki puluhan tahun sebagai pengusaha.

Tak ingin dinilai setengah-setengah sebagai menteri, Susi memutuskan mundur dari semua jabatan bisnis yang kini diembannya. Meski pada awalnya dirinya merasa ragu atas penunjukannya sebagai menteri.

"Saya hari ini resmi resign (mengundurkan diri) dari semua jabatan saya ," jelas Susi. "Saya ingin mengucapkan terimakasih, kepada semua customer, stakeholder, member Susi Air, PT ASI Pudjiastuti Marine dan seluruh nelayan Indonesia, yang telah membawa, mendukung, mengantarkan saya Susi Pudjiastuti," tandas Susi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.