Sukses

Lukman Hakim Jadi Menteri Jokowi, PPP Resmi Keluar dari KMP

Di tengah konflik internal yang melanda, 1 politisi PPP duduk di kabinet Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah konflik internal yang melanda, 1 politisi PPP duduk di kabinet Jokowi-JK. Politisi PPP Lukman Hakim Saifuddin ditunjuk untuk menduduki kembali posisi Menteri Agama. Duduknya Lukman Hakim itu menandakan PPP resmi keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP).

"Posisi kita (KMP) jelas di luar pemerintahan sebagai penyeimbang. Namun ada dari kita yang tak kuat menahan hasratnya, untuk berada di dalam komposisi kabinet," kata juru bicara Koalisi Merah Putih Tantowi Yahya kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (27/10/2014).

"(PPP) Resmi keluar," imbuh dia.

Tantowi menegaskan, sejak awal KMP tak pernah mengemis jabatan. Sejak awal, kata dia, KMP sepakat untuk memposisikan diri berada di luar pemerintahan.

PPP sebelumnya bergabung dengan Koalisi Merah Putih (KMP) yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa saat Pilpres 2014 lalu. Namun di tengah jalan, partai berlambang Kabah tersebut terpecah.

Ada 2 kubu di PPP saat ini, yakni kubu Romahurmuziy atau Romi dkk sebagai Ketum versi muktamar di Surabaya, Jatim. Dan kubu Suryadharma Ali (SDA) cs yang juga mengklaim masih sah selaku Ketum.

Kubu SDA kukuh, PPP tetap di KMP. Namun kubu Romi menyatakan, PPP bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat Jokowi-JK hingga akhirnya Lukman terpilih sebagai menteri kembali. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.