Sukses

Dari Desa ke Jakarta, Kinerja Menteri Jokowi Menjanjikan?

Presiden Jokowi telah mengumumkan 34 nama menteri di kabinetnya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi telah mengumumkan 34 nama menteri di kabinetnya. Banyak yang menyanjung. Namun tak sedikit pula yang meragukan kinerja para menteri di Kabinet Jokowi-JK tersebut.

"Nggak menyakinkan kok. Mereka orang-orang yang sepenuhnya baru, lalu dipindahkan dari desa-desa ke Jakarta," kata pengamat politik dari Universitas Indonesia Arbi Sanit kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (27/10/2014).

Arbi menilai, beberapa nama di kabinet tersebut memang bagus. Namun ada beberapa yang salah penempatan. Salah satu contohnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang merupakan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

"Dia kan Sospol UGM, mestinya pemerintahan, menteri dalam negeri," ujar dia.

Menurut Arbi, perlu waktu bagi para menteri tersebut untuk bisa membuktikan kemampuannya. Karena itu, dia bakal menunggu sepak terjang para menteri di kabinet ini hingga 100 hari pemerintahan Jokowi-JK.

"Sebelum 100 hari, saya punya pendirian belum layak menggantungkan harapan pada mereka," tandas Arbi.

Setelah 1 pekan kepemimpinan pasangan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK, sebanyak 34 menteri di Kabinet Kerja ini diumumkan di Istana Merdeka, Jakarta pada Minggu sore, 26 Oktober 2014. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.