Sukses

Lebih Panas daripada Bekasi, Warga Bima 'Sembunyi' di Rumah

Suhu Bima tembus 39 derajat celsius. Sementara Bekasi hanya 35-36 derajat celsius.

Liputan6.com, Bima - Panasnya musim kemarau kali ini mengantarkan suhu Kota Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB) menembus angka 39 derajat celsius, lebih panas dari Bekasi, Jawa Barat. Suhu Bima diklaim sebagai yang terpanas se-Indonesia saat ini.

"Suhu panas di Bima menembus angka 39 derajat celsius. Bisa dipastikan itu suhu paling panas di Indonesia," kata Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMGK) Bima, Daryanto, di Bima, NTB, Senin (13/10/2014).

Menurut Daryanto, suhu 39 derajat celsius tersebut sudah terjadi sejak tanggal 9 Oktober 2014 lalu. Namun suhu Bima kini mengalami penurunan hingga sebesar 37,8-38,2 derajat celsius.

"Penyebab cuaca panas ini karena munculnya El Nino atau musim kering yang mundur atau melebihi dari perkiraan pergantian musim tahun-tahun sebelumnya," jelas dia.

Dia memprediksi, kondisi cuaca seperti ini akan berlangsung hingga November 2014 mendatang. Hanya, pada September-Oktober pengaruh cuaca panas mulai melemah.

Faktanya, jelas Daryanto, posisi matahari yang tengah bergerak ke selatan sejajar dengan wilayah Bima dan sekitarnya. Sehingga pengaruh pemanasan matahari, begitu terasa di wilayah Bima.

Panasnya suhu di Bima sangat dirasakan dampaknya oleh masyarakat. Tidak hanya di siang hari, pada malam hari pun badan terus berkeringat. Karena itu, masyarakat lebih memilih untuk beraktivitas di dalam ruangan. Akibatnya, suasana jalan di siang hari tampak sepi.

Sementara suhu Bekasi sendiri hanya sekitar 35-36 derajat celsius. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini