Sukses

Didemo FPI, Ahok Undang Kumpulan 'Jagoan' Cosplay

Dalam acara Jakarta Cosplay Parade, Ahok mengaku akan memakai pakaian adat Betawi, lengkap dengan peci dan sarung.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok didemo ratusan anggota Front Pembela Islam (FPI) di kantornya, Balaikota Jakarta. Mereka menolak Ahok dilantik gubernur DKI Jakarta, menggantikan Joko Widodo alias Jokowi yang akan dilantik menjadi Presiden ke-7 RI pada 20 Oktober.

Namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, akan menggelar Jakarta Cosplay Parade. Acara itu akan berlangsung di Silang Monas Timur dan Selatan, pada 2 November mendatang.

"Saya senang. Kami ingin Balai Agung jangan jadi tempat pelantikan pejabat saja, tapi bisa dikuasai cosplay," kata Ahok dalam jumpa persnya di Balaikota, Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Ahok menjelaskan, hampir di semua negara maju mengedepankan industri kreatif. Maka, dia mengimbau masyarakat mencintai produk kreatif dalam negeri. Jangan sampai terulang kasus Upin-Ipin, produk Indonesia tapi dibeli Malaysia.

Ahok pun mengaku akan memakai pakaian adat Betawi, lengkap dengan peci dan sarung. "Tadinya saya mau pakai baju Batman, tapi masak jagoan asing? Ya sudah, saya pakai baju Ahok, anak hoki. Kita harus cintai budaya sendiri," kelakar dia.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arie Budhiman menjelaskan, maksud acara ini adalah untuk memberikan apresiasi dan motivasi bagi pelaku pop art, khususnya cosplayer.

"Marilah kita dukung dan sukseskan acara ini sebagai ajang selebrasi dan etalase kreatif anak bangsa, dalam pengembangan ekonomi kreatif dan industri kreatif menghadapi ASEAN Economic Community 2015," tandas Arie.

Dalam konferensi pers ini, Ahok sempat berfoto dengan jagoan dari dalam dan luar negeri. Ada Darth Vader dari Starwars, Kamen Rider, Gundala Putra Petir, Gatot Kaca, dan lain-lain.

Jakarta Cosplay Parade merupakan acara pertama yang digelar dalam skala besar.

Cosplay adalah hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun.

Cosplay  sendiri istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata "costume" (kostum) dan "play" (bermain). Pelaku cosplay disebut cosplayer, di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai coser, salah satu cosplayer Indonesia adalah Yukitora Keiji.

Pekan lalu, Ahok didemo ratusan anggota Front Pembela Islam (FPI) di Balaikota. Mereka menolak Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta, menggantikan Joko Widodo alias Jokowi yang akan dilantik menjadi presiden ke-7 RI pada 20 Oktober.

Belasan anggota kepolisian dan Satpol PP terluka akibat terkena lemparan batu dan beberapa di antaranya akibat senjata tajam. Ahok pun geram, berniat membubarkan FPI karena dinilai sebagai ormas yang kerap melakukan aksi anarkis. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini