Sukses

Kisah Pertengkaran Zulkifli Hasan dan Harrison Ford

Zulkifli Hasan pernah bertengkar dengan artis papan atas Hollywood, Harrison Ford 2013 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Zulkifli Hasan telah terpilih sebagai Ketua MPR periode 2014-2019. Setahun yang lalu, mantan Menteri Kehutanan itu pernah bertengkar dengan artis papan atas Hollywood, Harrison Ford.

Peristiwa itu terjadi pada 9 September 2013 di kantor Menteri Kehutanan, Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta. Saat itu Ford datang untuk mewawancarai Zulkifli. Wawancara itu terkait proyek pembuatan film Ford yang berjudul "Years of Living Dangerously" yang bercerita soal perubahan iklim di Riau. Wawancara dengan Zulkifli Hasan, merupakan salah satu bagian dari film Ford.

Sempat terjadi perang mulut antara Ford dan Zulkifli saat proses wawancara. Ini terjadi karena Ford merasa pemerintah RI tidak serius dalam menindak para penebang dan pembakar hutan. Zulkifli yang mendapat pertanyaan seperti itu pun membantah.

Dia mengatakan, persoalan hukum yang ada di Indonesia sudah ada birokrasinya masing-masing. Zulkifli mencoba menjelaskan kepada Harrison bahwa penanganan kerusakan hutan di Indonesia ini dilakukan bertahap. Kebijakan untuk menindak perambah tidak lagi dengan kekerasan, lanjut dia, tapi dengan kesejahteraan seperti menyediakan lahan untuk usaha agar para perambah tidak lagi merambah hutan.

Namun, kata Zulkifli, tidak mudah menjelaskan hal itu kepada Harrison. Ia juga mengaku tidak diberikan kesempatan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan Harrison sebelum pengambilan gambar. Dari sinilah perbedaan pendapat itu menimbulkan ketegangan antara keduanya.

"Waktunya terbatas untuk menjelaskan saya hanya diberi kesempatan bicara satu-dua kalimat. Harusnya sebelum wawancara tadi, berdiskusi dulu. Walaupun beda pengertian tapi bisa saling memahami. Tadi, saya langsung di-make up dan acting diwawancara," kata Zulkifli kala itu.

Naik ke Atas Meja

Tak berhenti di situ, bintang utama Indiana Jones dan Star Wars itu juga sempat melakukan atraksi lain sewaktu menunggu pertemuan dengan Zulkifli. Sebelum bertemu dengan Zulkifli, Ford diketahui sempat naik ke atas meja.

Hal itu terungkap melalui Kepala Pusat Humas Kemenhut, Sumarto Suharno saat berbincang dengan Liputan6.com pada 10 September 2013 lalu. Dia mengatakan, insiden itu terjadi di saat rombongan Ford yang berjumlah sekitar 9 orang bersiap menghadap Zulkifli. Rombongan datang sekitar pukul 12.45 WIB, 9 September 2013. Sekitar 6 orang kru sedang mempersiapkan peralatan di dalam ruang menteri.

"Sementara di dalam ruang tunggu VIP tinggal 3 orang, termasuk beliau (Harrison Ford). Saya tidak tahu dia naik ke atas meja mau ngapain," ujar Sumarto lagi.

Lalu, untuk apa Harrison Ford naik ke atas meja? Apakah membetulkan pendingin ruangan?

"Memang ada gerakan saat naik, semacam dialog dan melihat sesuatu. Posisinya memang menghadap pendingin ruangan (AC). Tapi saya tidak tahu apakah dia ingin udara yang lebih dingin. Jadi hanya mereka bertiga yang tahu," ujar Sumarto.

Maka tak heran, pertemuan antara Harrison Ford dan Zulkifli Hasan kala itu pun menjadi perbincangan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini