Sukses

Fobia Aneh yang Jarang Dialami Banyak Orang

Setiap orang pasti memiliki fobia, mulai dari fobia yang kecil sampai ke fobia besar.

Citizen6, Jakarta Setiap orang pasti memiliki fobia, mulai dari fobia yang kecil sampai ke fobia besar. Dari situ kehidupan sebagian orang hampir dilemahkan oleh ketakutan mereka.

Fobia merupakan rasa ketakutan yang berlebih pada sesuatu hal, benda dan fenomena. Setiap orang memiliki fobia yang biasa maupun fobia unik yang jarang dialami oleh banyak orang, nah orang yang mempunyai fobia biasanya dapat menghambat kehidupan dirinya sendiri.

Berikut beberapa phobia aneh yang tidak biasa dialami oleh banyak orang:

1. Takut menyebrangi jalan

Fobia menyebrangi jalan atau biasa di sebut Agyrophobia biasanya dialami orang yang memiliki rasa takut dengan persimpangan jalan, jalan raya dan jalan lainnya. Kata gyrus berasal dari bahasa Yunani yang berarti memutar atau berputar-putar seperti fobia yang menghindari pusaran lalu lintas.

Fobia ini meliputi beberapa kategori, dimana penderita mungkin takut menyebrang jalan atau persimpangan jalan dimana saja. Bagi yang mengalamiFobia seperti ini tentu saja sangat sulit untuk hidup nyaman di perkotaan karena banyaknya jalan raya yang harus dilewati dengan menyebrang..

2. Takut Memasak

Mageirocophobia yaitu ketakutan saat memasak, berasal dari bahasa Yunani mageirokos yang berarti orang yang terampil dalam memasak. Gangguan ini dapat melemahkan dan berpotensi menyebabkan pola makan yang tidak sehat jika tinggal sendirian. Penderita ini dapat merasa sangat terintimidasi oleh orang-orang dengan keahlian dalam memasak.

3. Takut Cermin

Eisoptrophobia yaitu takut cermin, dalam arti luas takut cermin diartikan dengan dimasukkannya kontak dengan dunia spiritual melaui cermin. Penderita ini mengalami kecemasan yang tidak semestinya, mereka menyadari ketakutan mereka adalah irasional.

Ketakutan penderita ini sering didasarkan pada takhayul, penderita mungkin khawatir saat melihat orang bercermin akan membawa nasib buruk atau melihat kearah cermin akan membawa penderita dalam kontak dengan dunia supranatural.

4. Takut Duduk

Cathisophobia adalah takut duduk. Kelainan ini dapat dipicu oleh penyakit wasir atau dapat disebabkan oleh kekerasan fisik yang berkaitan dengan benda tajam atau benda menyakitkan. Rasa takut duduk merupakan indikasi dari beberapa fobia lainnya seperti duduk di depan orang-orang elit dan berpengaruh. Ciri-ciri phobia ini ditamdai dengan berkeringat, cemas dan berat atau pendeknya nafas.

Penulis

Yulia Yulee

Baca juga:

KOPI, Karakter Komik Indie yang Kreatif

Pengalaman Naik Bus `City Tour Jakarta`

Foto-foto Andien Pakai Batik di Instagram Memukau

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini