Sukses

KOPI, Karakter Komik Indie yang Kreatif

Saat ini banyak bermunculan komik-komik independen (lokal), mereka mencoba tampil beda dengan membuat gaya gambar yang lebih variatif.

Citizen6, Jakarta Setiap orang memiliki hobi yang beragam, salah satunya membaca. Banyak bahan bacaan seperti novel maupun komik yang sampai saat ini masih memiliki penikmatnya sendiri.

Komik merupakan bentuk seni menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita.

Komik ternyata sudah dikenal di Indonesia sejak zaman kerajaan-kerajaan di kepulauan Nusantara. Salah satu contohnya cara bercerita pada masa purbakala yang menggunakan gambar yaitu dengan relief-relief yang terdapat pada candi-candi yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti cerita yang di ukir di candi Borobudur.

Pada era 70an konsep yang diambil untuk komik yaitu cerita-cerita dari kebudayaan Nasional seperti wayang Sunda dan Jawa. Salah satu komik yang populer pada era 70an yaitu karakter 'Si Buta Dari Gua Hantu' ciptaan komikus Ganes TH.

Komik biasanya dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks tetapi sekarang komikus sudah banyak mengpost karya-karya mereka melalui media online. Lebih praktis pastinya untuk para pecinta komik supaya lebih cepat update komik-komik terbaru.

Saat ini banyak bermunculan komik-komik independen (lokal), mereka mencoba tampil beda dengan membuat gaya gambar yang lebih variatif dan eksperimental. 

Banyak juga komikus-komikus indipenden (indie) mengandalkan mesin fotokopi untuk menggandakan karya-karya mereka. Mereka mendistribusikan melalui teman-teman terdekat ataupun melalui pameran seni.

Salah satu komikus indie yaitu Abi Rama membuat komik yang dinamakan 'Komik Pinter' (KOPI) yang ia post melalui tumblr miliknya komikpinter.tumblr.com.

Berikut beberapa KOPI yang dibuat oleh Abi Rama:

 

Penulis

Yulia Yulee

Baca juga:

Pengalaman Naik Bus `City Tour Jakarta`

Foto-foto Andien Pakai Batik di Instagram Memukau

Duka Tweeps untuk Korban Malaysia Airlines MH370

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.