Sukses

Pesawat Tempur Terbang ke Lokasi 3 Objek Diduga Puing MH370

Malaysia telah mengirimkan pesawat untuk menyelidiki lokasi satelit Cina memotret 3 objek diduga bagian MH370.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - 10 Satelit pemerintah China untuk mencari peaswat Malaysia Airlines MH370 mendapatkan penampakan 3 objek asing terapung di Laut China Selatan. Meski belum bisa dipastikan objek itu merupakan bagian dari pesawat yang mengangkut 239 penumpang termasuk awak pesawat.

Penemuan itu pun membuat pemerintah Malaysia segera mengirimkan pesawat, untuk menyelidiki lokasi di mana satelit China mendapatkan potret ketiga benda itu.

"Yang pasti, seperti yang disebutkan, kita akan melihat semua bidang terutama yang dengan petunjuk konkret," kata seorang juru bicara koordinator pencarian Malaysia secara terpisah, dalam pesan teks seperti dimuat Channel News Asia, Kamis (13/3/2014).

Dalam penyelidikan tersebut, sejumlah armada udara pun turut dikerahkan. Termasuk pesawat tempur. Pesawat tempur dikerahkan ke lokasi koordinat yang diduga temuan dari 3 objek hasil jepretan satelit China tadi.

"Pesawat tempur telah dikirim untuk menyelidiki dugaan klaim puing yang ditemukan oleh citra satelit China," kata Menteri Pertahanan dan Transportasi Malaysia, Hishammuddin Hussein melalui akun Twitter pribadinya.

Pesawat tempur yang dioperasikan oleh Badan Penegakan Maritim Malaysia, merupakan pesawat buatan Kanada. Pada akhir hari Rabu 12 Maret, pemerintah China menyatakan satelitnya telah mendeteksi objek pada hari Minggu.

Sejauh ini, para pejabat Malaysia tidak segera menanggapi pertanyaan terkait penemuan 3 objek mengambang di perairan Vietnam itu. Seorang pejabat militer di Vietnam, yang telah membantu dalam pencarian bersama dengan beberapa negara lain, baru diberitahu penemuan tersebut pada hari Kamis ini dan sedang melakukan penyelidikan.

Pencarian pesawat Boeing 777-200ER yang membawa 239 orang di dalamnya telah diperluas. Wilayah pencarian meliputi hampir 27.000 mil di laut Vietnam.

Pencarian awalnya difokuskan pada daerah lepas pantai Laut Cina Selatan Vietnam, di mana Boeing 777 terakhir melakukan kontak pada hari Sabtu 8 Maret dini hari, dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing .

Namun, tidak ada yang ditemukan. Dan pemerintah Malaysia kemudian memperluas penarian ke Laut Andaman, sebelah utara Indonesia. Sejauh beberapa ratusan mil, dengan keyakinan pesawat mungkin membelok misterius ke arah barat dari jalur penerbangan aslinya.

Negara ilmu pengetahuan dan teknologi administrasi China mengatakan benda-benda yang terdeteksi yang tersebar di seluruh daerah dengan radius 20 kilometer (12 mil).

Penampakan yang telah ditemukan seperti objek putih, kuning hingga benda mirip perahu karet belum dapat dipastikan kebenarannya merupakan bagiuan dari pesawat nahas itu. (Ismoko Widjaya)

Baca Juga:

China Kerahkan 10 Satelit Resolusi Tinggi Cari Malaysia Airlines

Pekerja Lihat Pesawat Terbakar di Perairan Vietnam, MH370?

Satelit China Potret 3 Objek di Laut, Puing Pesawat Malaysia Airlines?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.