Sukses

Satelit China Potret 3 Objek di Laut, Puing Pesawat Malaysia Airlines?

Mungkinkah bongkahan-bongkahan itu milik MH370?

Liputan6.com, China - Udara segar kembali berhembus di tengah upaya pencarian pesawat nahas Malaysia Airlines yang hilang sejak 8 Maret lalu. Sebuah satelit China memotret objek yang dicurigai sebagai bagian dari pesawat tersebut di lautan yang diduga sebagai lokasi kecelakaan.

Mungkinkah bongkahan-bongkahan itu milik MH370?

Badan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Pertahanan Negara China seperti Liputan6.com kutip dari laman Daily Mail Kamis (13/3/2014), menggambarkan objek dalam foto itu sebagai 3 benda besar yang mengapung di Laut China Selatan.

Untuk mengungkap misteri di balik hilangnya Boeing 777-200, Pemerintah China memang mengerahkan 10 satelit beresolusi tinggi miliknya.

Objek dalam gambar itu terdiri dari 3 puing yang ukuran terbesarnya mencapai 78 kaki. Lokasinya berada di antara Malaysia dan Vietnam, di titik awal pencarian yang dimulai 8 Maret lalu dan dekat dengan jalur terbang pesawat ketika tiba-tiba menghilang. Yakni di 105.63 bujur barat dan 6.7 lintang utara.

Sementara itu, pihak Angkatan Laut Amerika Serikat menyatakan akan mengirimkan 2 kapalnya ke lokasi tersebut.

Ini bukanlah kali pertama klaim tentang penemuan puing pesawat. Sebelumnya, sekelompok nelayan Malaysia mengklaim menemukan barang seperti perahu karet penyelamat berwarna kuning bertuliskan kata 'Boarding'.

Lokasi penemuan sekitar 10 mil di laut dari kota Port Dickson. Selain itu juga ada klaim dari pemerintah Vietnam yang menyatakan menemukan reruntuhan berupa pintu pesawat.

Pesawat Boeing 777 - 200ER yang membawa 227 penumpang, termasuk 2 bayi dan 12 awak  hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing menghilang, sekitar 1 jam setelah lepas landas dari Bandara Internasional KL pada pukul 0.41 pada hari Sabtu 8 Maret. Pesawat tersebut seharusnya mendarat di Beijing, China pada pukul 06.30 waktu setempat.

Baca juga:

China Kerahkan 10 Satelit Resolusi Tinggi Cari Malaysia Airlines

Penampakan Benda yang Diduga Pintu Pesawat Malaysia Airlines

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini