Sukses

[VIDEO] Tak Kuat Tebalnya Abu Kelud, Posko Pengungsi Ambruk

Erupsi Gunung Kelud memakan 2 korban jiwa di Malang, Jawa Timur. Korban tewas setelah tertimpa pengungsian yang ambruk akibat debu vulkanik.

Warga 9 desa di Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur bergegas mengungsi karena tempat tinggal mereka hanya berjarak 5 hingga 7 kilometer dari Gunung Kelud. Abu vulkanik mengakibatkan jarak pandang hanya 3 sampai 4 meter, sehingga pengguna jalan diminta berhati-hati.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (14/2/2014), kuatnya semburan abu vulkanik Gunung Kelud juga menyebabkan salah satu bangunan yang digunakan sebagai posko pengungsian ambruk karena tidak tahan menampung tebalnya debu vulkanik. Akibatnya, 2 pengungsi dilaporkan tewas dan belasan lainnya luka-luka.

Selain dilaporkan terdapat 2 orang tewas akibat letusan Gunung Kelud, 18 orang lainnya juga dilaporkan masih hilang. Hingga saat ini tim evakuasi masih mencari warga di sekitar Gunung Kelud yang dilaporkan hilang.

Nama korban tewas dan warga yang hilang akibat bencana ini diinformasikan di papan pengumuman yang terpasang di Kantor Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Penduduk Ngantang Kabupaten Malang sebagian besar dievakuasi ke Kota Batu. Di kota ini disiapkan setidaknya 12 titik lokasi evakuasi.

Sampai hari ini kepolisian juga masih menutup jalur Ngantang-Kediri. Pengendara dari Malang menuju Kediri disarankan mencari jalan alternatif melalui Mojokerto-Jombang-Kediri. (Nfs/Sss)

Baca juga:

Kelud Meletus, 2 Warga Tewas Kakek-Nenek Tertimpa Atap-Tembok
Gunung Kelud Meletus, 2 Orang Tewas dan 18 Hilang di Malang
BNPB: Isu Gempa Besar Setelah Erupsi Gunung Kelud Hoax!
Meletusnya Gunung Kelud Disorot Dunia


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini