Sukses

Meletusnya Gunung Kelud Disorot Dunia

Muntahan Kelud yang menyebar sampai puluhan kota di Pulau Jawa ini disorot dunia.

Gunung Kelud yang terletak di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur meletus pada Kamis 13 Februari 2014 malam. Abu vulkanik menyembur hingga ketinggian 17 kilometer dari puncak Gunung Kelud. Akibatnya 2 orang dilaporkan tewas dan 18 orang lainnya dilaporkan hilang.

Muntahan Kelud yang menyebar sampai puluhan kota di Pulau Jawa ini disorot dunia. Sejumlah media asing mewartakannya. Di Amerika Serikat, CNN melaporkan berita letusan Gunung Kelud berjudul 'Indonesian volcano erupts on Java; 66,000 told to get out'.

Disebutkan, gunung berapi di pulau utama Indonesia menyemburkan gumpalan asap dan abu vulkanik. Muntahan material abu vulkanik sangat tinggi. Puluhan ribu orang yang tinggal di sekitar gunung pun langsung diungsikan demi keamanan.

"Pemerintah sebelumnya telah memperingatkan warga dan memperintahkan evakuasi warga yang tinggal hingga radius 10 kilometer," tulis CNN, Jumat (14/2/2014).

Kantor berita Reuters melaporkan 'Volcano erupts in Indonesia's Java island; airports closed'. Dijelaskan, meletusnya muntahan abu dan pasir setinggi 17 km dari gunung berapi di pulau padat penduduk Indonesia mengakibatkan 3 bandara ditutup, yakni Bandara Juanda di Surabaya, Bandara Adi Sumarmo Solo, dan Bandara Adisucipto Yogyakarta.

"Gunung Kelud terletak di 140 km dari Kota Surabaya, pusat industri utama Indonesia. Akibat gumpalan abu dan asap, bandara di Surabaya, Yogyakarta, dan Solo ditutup," jelas Reuters.

Wartawan BBC Alice Budisatrijo melaporkan, sejumlah kota di sekitar Gunung Kelud ditutupi abu dengan ketebalan hingga 4 cm. Atap beberapa rumah dilaporkan runtuh.

"Terlihat sekali abu-abu berwarna putih di kota terdekat dari gunung berapi, Kediri," lapor Alice Budisatrijo, dalam artikel BBC berjudul 'Mass evacuation in Indonesia as Java volcano erupts'.

Media Australia, News.com.au memuat artikel 'Mount Kelud on Java island has exploded in a shower of ash and gravel'. Dijelaskan, berdasarkan pantauan dari televisi, dilaporkan abu dan batu turun di desa-desa terdekat hingga membuat warga ketakutan.

"Warga sekitar bergegas pergi meninggalkan rumah menggunakan mobil dan motor menuju pusat evakuasi," tulis News.com.au.

Gunung Kelud mulai erupsi pada Kamis malam, sekitar pukul 22.55 WIB. Letusan berikutnya terjadi pada pukul 23.00 WIB dan 23.23 WIB. Letusan besar terjadi pada pukul 23.29 WIB. Kelud berstatus Awas atau level IV sejak Kamis 13 Februari pukul 22.15 WIB. (Riz/Ein)

Baca juga:

Daftar Kota yang Terkena Muntahan Abu Gunung Kelud
Gunung Kelud dari Masa ke Masa
Detik-detik Meletusnya Gunung Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini