Sukses

Abraham Samad Masuk Daftar Capres PPP?

Ketua KPK Abraham Samad sebelumnya disebut-sebut masuk bursa bakal capres PPP dicoret karena dikhawatiakan menimbulkan pandangan negatif.

Nama Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad yang dikabarkan masuk bursa bakal capres Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Benarkan demikian? Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali membantahnya.

"Kalau beliau dicalonkan PPP, dikhawatirkan ada pandangan-pandangan negatif terhadap KPK seperti misalnya KPK terkontaminasi parpol," kata Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali di Bandung, Minggu 9 Februari 2014.

Tokoh lain yang sebelumnya masuk bursa bakal capres PPP adalah Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Yenny Wahid yang pada akhirnya tidak masuk bursa pencalonan.

"Yenny belum bersedia dicalonkan karena masih berkonsentrasi untuk masalah keluarganya," katanya. Sementara Moeldoko dicoret karena TNI aktif yang jika tetap dicalonkan akan menimbulkan efek politisasi TNI.

Dalam hasil Mukernas II PPP memang tidak ada nama Abraham Samad. Mukernas PPP itu menyepakati 6 tokoh eksternal partai yang dinilai pantas masuk bursa capres/cawapres yang diusung PPP.

Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, Bupati Kutai Timur Isran Noor, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie dan mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Khofifah Indar Parawansa.

"Mukernas menilai keenam nama ini yang paling memadai dari segi rekam jejak dan mencuat kuat dalam forum Mukernas," ujar Suryadharma. (Ant/Dan/Riz)

Baca juga:

PPP Tetapkan Suryadharma Ali Sebagai Capres 2014
PPP: Pencapresan Suryadharma Ali Bisa Dievaluasi
Deklarasi Capres PPP di Bandung Siang Ini Batal



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.