Sukses

Amien Rais: Belasan Ribu Suara PAN Lenyap Pemilu Lalu

Amien Rais mengatakan ada belasan ribu suara PAN lenyap di Bandung pada pemilu lalu karena adanya kecurangan pelaksanaan pemilu.

Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Partai Amanat Nasional, Amien Rais mengingatkan seluruh saksi Pemilu 2014 dari PAN harus benar-benar mengawasi penyelenggaraan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut. Sebab, diprediksi masih banyak kecurangan dalam pelaksanaan nanti.

Amien menilai, pemilu di Indonesia dari tahun ke tahun sepenuhnya belum jujur dan adil. Untuk itu saksi harus mengikuti dengan seksama hingga mengawal kotak suara sampai ke tingkat kelurahan. Amien mengaku khawatir masih banyak kecurangan seperti penggembosan suara hingga pencurian suara.

"Seperti di Bandung, ada kasus belasan ribu suara PAN lenyap pada pemilu lalu," ujarnya saat memberikan materi dalam kegiatan Pelatihan Saksi Pemilu Legislatif PAN 2014 di SLDC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (6/1/14)

Selain itu, lanjut Amien, penting pula bagi para saksi untuk memahami peraturan yang ada dari KPU. "Jika pada pelaksanaan penghitungan suara ada yang melakukan protes, maka tinggal melihat manual book yang ada pada KPU," ujarnya.

Sementara Sekjen PAN, Taufik Kurniawan mengatakan, untuk membekali saksi Pileg 2014, PAN melaksanakan kegiatan pelatihan saksi Pemilu Legislatif PAN 2014 untuk tingkat nasional. Saksi nantinya difokuskan kepada pengamanan suara PAN di tiap daerah pemilihan.

"Diharapkan setiap saksi ini betul-betul bisa militan untuk mengamankan suara partai yang sudah ditusuk di setiap TPS yang ada," pungkasnya. (Ado/Ein)

Baca juga:

9 Tahun SBY, Amien Rais: Yang Kaya Makin Buncit
Amien Rais: PAN Akan Menerobos ke Nomor 4
Hatta Rajasa Tak Masalahkan Jokowi dan Tak Khawatirkan Prabowo
Penentuan Capres, PAN Lihat Situasi Setelah Pileg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.