Sukses

9 Tahun SBY, Amien Rais: Yang Kaya Makin Buncit

Amien Rais menilai pemerintahan SBY membuat yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin. Tak ada pemerataan kesejahteraan.

Mantan Ketua MPR Amien Rais mengkritik pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono yang dinilai tidak memperhatikan pemerataan kesejahteraan. Meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia menurutnya terus naik.

"Ada plus minus. Pertumbuhan jelas. Angka dan fakta sudah menunjukkan kenaikan luar biasa. Cuma pemerataan masih jauh. Yang kaya perutnya semakin buncit, yang miskin perutnya kurus kelaparan. Itu nggak boleh," kata Amien di Jakarta, Sabtu (28/12/2013).

Karena itu, Ketua Majelis Pertimbangan Pusat Partai Amanat Nasional ini berharap usai Pemilu 2014 bangsa Indonesia harus menjadi bangsa yang berdaulat, yang tidak dijajah oleh bangsa asing. Baik dalam bidang ekonomi maupun politik global.

"Kita perlu jadi bangsa berdaulat. Jangan sampai dimainkan Malaysia dan Australia. Peristiwa kemarin itu agak menyedihkan. Kita nggak mau usir Dubes Australia. Kita ini memang bangsa besar dan harus berdaulat dan bisa berdiri sendiri," tegasnya.

Amien menjelaskan, bangsa Indonesia saat ini membutuhkan sosok presiden yang bukan hanya membangun citra dan tebar pesona tetapi kosong dalam substansi. Yang dibutuhkan adalah Presiden yang dapat mengembalikan kejayaan Indonesia serta disegani oleh bangsa lain.

"Siapa pun yang didorong PAN bisa kembalikan keunggulan ekonomi kembali di Indonesia. Pak Hatta itu the best dari kandidat kita. Tapi kita harus sadar bahwa PAN tidak bisa bangun Indonesia sendirian, tentunya kita harus berkoalisi dengan partai lain," pungkasnya. (Ado/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.