Sukses

Demokrat Optimis Masuk 3 Besar Pada Pemilu 2014

Pramono Edhie menilai, survei LSI yang menyatakan Partai Demokrat akan terjun bebas pada pemilu 2014, tidak tepat.

Berdasarkan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Partai Demokrat diprediksi akan terjun bebas jelang Pemilihan Umum 2014. Namun, Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo menilai, hasil survei LSI sangatlah tidak tepat.

"Prediksi itu kan ada dasarnya, bisa saja dasar prediksinya kurang tepat, sehingga hasilnya seperti itu," kata Pramono Edhie melalui pesan elektroniknya kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (3/2/2014).

Peserta Konvensi Capres Demokrat ini mengatakan, kalaupun seandainya hasil survei tersebut memang benar, maka masih ada waktu untuk bekerja meningkatkan perolehan suara Demokrat hingga pemilihan tiba.

"Kita harus sadari, harus rasakan, bahwa banyak hal baik yang sudah dilakukan pemerintahan saat ini, ada kekurangan tentu saja ada, tapi jangan kita tidak mau melihat hal-hal yang sudah baik atau menjadi baik," tutur Pramono.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini bahkan mengaku optimis, perolehan suara Demokrat pada pemilu 2014 nanti masih besar dan bisa masuk posisi 3 besar parpol dengan perolehan suara terbanyak. Optimisme itu didasari pantauan dan kunjungannya ke sejumlah daerah di Indonesia dalam beberapa pekan terakhir ini.

"Bahwa selama melakukan perjalanan ke beberapa daerah dan berkomunikasi dengan DPD dan DPC Partai Demokrat, saya masih optimis PD tetap masuk posisi 3 besar," ungkapnya.

Konvensi Dongkrak Popularitas

Selain itu, Pramono menegaskan, Konvensi Capres Demokrat serta debat bernegara yang dihadiri 11 peserta konvensi di beberapa kota besar di Indonesia bisa mengangkat popularitas partai Demokrat. Termasuk ke-11 capres peserta konvensi yang langsung bersentuhan dengan masyarakat di daerah-daerah yang bisa menaikkan popularitasnya.

"Sambutan masyarakat di daerah sangat bagus terhadap pelaksanaan konvensi dan debat bernegara peserta konvensi. Masyarakat berpendapat jalur konvensi membuka kran demokrasi sebesar-besarnya bahwa mencari calon pemimpin benar-benar yang berkualitas," pungkasnya.

Jajak pendapat yang dilakukan LSI menunjukkan tahun 2014 menjadi akhir dari rezim Demokrat, 2 partai akan bersaing ketat mengisi posisi pemenang pemilu 2014. "Demikianlah salah satu temuan terbaru survei LSI, yaitu berakhirnya rezim Demokrat. Namun justru Golkar dan PDIP yang kokoh bersaing sebagai calon partai pemenang Pemilu 2014," kata peneliti LSI Adjie Alfaraby di Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu 2 Februari 2014.

Berikut hasil survei LSI:

1. Golkar: 18,3 %
2. PDIP: 18,2 %
3. Gerindra: 8,7 %
4. Demokrat: 4,7 %
5. Hanura: 4,0 %
6. PKB: 3,7 %
7. PPP: 3,6 %
8. PAN: 3,3 %
9. PKS: 2,2 %
10. Nasdem 2 %
11. Responden belum memutuskan pilihan: 30,1 %  (Alv)

Baca juga:

Survei LSI: 2014 Jadi Akhir Rezim Demokrat
Survei: Hanya Tokoh Muda yang Mampu Saingi Jokowi
Survei: Dahlan dan Walikota Risma Jadi Pesaing Utama Jokowi
Survei: Elektabilitas Golkar Kecil, Demokrat Siap Menyalip

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini