Sukses

Gita Wirjawan Pernah Bilang Konvensi Tak Ganggu Peran Menteri

Mulanya, Gita yakin tugasnya sebagai Mendag tak terganggu dengan aktivitasnya sebagai peserta Konvensi Capres Demokrat.

Gita Wirjawan akhirnya mengundurkan diri dari jabatan Menteri Perdagangan. Gita mengaku tidak ingin ada konflik kepentingan antara jabatannya sebagai menteri dan keikutsertaannya sebagai peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat.

Ia mengumumkan pengunduran dirinya pada Jumat (31/1/2014). Mulanya, pria bernama lengkap Gita Irawan Wirjawan itu percaya diri keikutsertaannya dalam Konvensi Capres Demokrat tidak akan mengganggu kinerjanya sebagai menteri. Gita mengaku bisa menjalankan dua peran itu dengan maksimal.

"Belum ada desakan untuk mundur. Dan saya masih penuh kepercayaan untuk menjalankan amanah sebagai menteri perdagangan dalam konteks apakah itu perekonomian lokal, regional, internasional, dan insya Allah saya bisa menjalankan dalam konteks konvensi," ungkap Gita di Wisma Kodel, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 28 Agustus 2013 silam.

Namun, pada September 2013, isu yang menyebut Gita mengundurkan diri dari jabatannya semakin kencang berhembus. Pada September itu, Gita juga angkat suara dengan isu itu. Dia menyatakan menyerahkan sepenuhnya keberadaannya di Kabinet kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dengan kata lain, Gita siap mundur dari jabatan menteri jika diminta oleh SBY. "Diminta oleh Bapak Presiden? Tentu saja (siap mundur)," kata Gita usai menghadiri acara pengarahan dari SBY yang juga menjabat Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Rabu 11 September 2013.

Kemudian, pada akhir September 2013 itu pula Gita menyatakan sudah menyampaikan niat pengunduran diri itu kepada SBY. Gita siap mundur apabila memang terdapat benturan kepentingan.

"Kemarin saya sudah menyampaikan ke kawan-kawan di Malang dan Bapak Presiden. Keinginan saya untuk mengundurkan diri kalau ada benturan kepentingan. Tapi ini semua hak prerogatif presiden," kata Gita di Jakarta, Jumat 20 September 2013.

Pada 29 September 2013, pria 47 tahun itu kembali menyatakan siap mundur. Dia juga menegaskan sudah menyampaikan masalah itu ke SBY. "Soal mundurnya itu, saya sudah sampaikan lisan ke Presiden. Saya sudah sampaikan ke presiden secara lisan apabila ada benturan kepentingan, saya sangat bersedia untuk mundur. Dan itu hak prerogatif presiden," tutur Gita. (Eks/Yus)

Baca juga:
SBY Belum Jawab, Gita Wirjawan Siap Mundur dari Mendag
Ikut Konvensi, Gita Wirjawan Yakin Tak Ganggu Kerja Menteri
Gita Wirjawan Siap Mundur dari Mendag, Keputusan di Tangan SBY

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini