Sukses

Gita Wirjawan Siap Mundur dari Mendag, Keputusan di Tangan SBY

Peserta konvensi Partai Demokrat Gita Wirjawan kembali menyatakan siap mengundurkan diri dari jabatan Menteri Perdagangan.

Setelah Dino Patti Djalal mundur dari Dubes RI untuk Amerika Serikat, kini giliran Gita Wirjawan yang siap mundur dari Menteri Perdagangan. Kedua tokoh itu menyatakan mundur dari jabatannya untuk fokus pada Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat.

Gita siap mundur apabila memang terdapat benturan kepentingan. Gita mengaku telah menyampaikan hal ini kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kemarin saya sudah menyampaikan ke kawan-kawan di Malang dan Bapak Presiden. Keinginan saya untuk mengundurkan diri kalau ada benturan kepentingan. Tapi ini semua hak prerogatif presiden," kata Gita di Jakarta, Jumat (20/9/2013).

Gita merupakan salah satu kandidat konvensi capres Demokrat yang berasal dari kabinet. Selain menteri lain yang juga turut dalam konvensi capres yakni Dahlan Iskan, Menteri Negara BUMN. Bagi Gita, keputusan siap mundurnya itu tetap berada di tangan Presiden SBY.

"Sudah (disampaikan ke presiden), jangan kaget dong. Saya sudah menyampaikan kalau saya siap mengundurkan diri kalau ada benturan persepsi ataupun realita. Dan itu saya serahkan semua ke Pak presiden," ujar Gita.

Saat ditanya apakah dirinya tidak takut dinilai lari dari kewajiban menjaga kekuatan pangan nasional, Gita menjawab, kewajiban paling mulia adalah supaya pangan nasional semakin kuat.

Gita mengaku yakin Presiden SBY akan mempertimbangkan dan mempelajari usulan pengunduran diri tersebut. (Ant/Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini