Sukses

Gowes ke Ciliwung, Jokowi Tanam Pohon di Pinggir Kali

Jokowi memulai aktivitas Jumat pagi dengan menggowes sepeda ke Kali Ciliwung.

Jokowi memulai aktivitas Jumat pagi dengan menggowes sepeda ke Kali Ciliwung. Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo itu meninjau kondisi tanggul Ciliwung di Kwitang.

Mantan Walikota Solo itu mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum DKI fokus untuk membangun tanggul di sepanjang sungai. Sebab salah satu penyebab banjir adalah tidak kuatnya tanggul menahan lajunya air.

"Salah satu penyebab banjir adalah lemahnya tanggul. Maka tahun ini Dinas PU fokus bangun tanggul di bantaran kali," ujar Jokowi di Jakarta, Jumat (24/1/2014).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi melihat proses pembangunan tanggul di sisi Barat Ciliwung yang bertujuan untuk menahan banjir dan rob. Ia tak lupa menanam 4 pohon ketapang di pinggir Kali Ciliwung itu.

"Ini sebagai simbol bahwa bantaran kali itu harus hijau dan steril dari rumah," ujar Jokowi.

Jokowi memulai aktivitasnya dengan menggowes sepeda pada pukul Jumat pagi, pukul 06.45 WIB yang dimulai dari rumah dinasnya di Kawasan Menteng, Taman Suropati, Jakarta Pusat.

Ia bersepeda ditemani komunitas bike to work menyusuri ruas-ruas jalan ibu kota, antara lain Jalan Cut Meutia, Menteng Raya, Jalan Prapatan, Tugu Tani, dan Kwitang.

Sesampainya di Jalan Kwitang, Jokowi menuju Kali Ciliwung yang berlokasi di samping Toko Buku Gunung Agung untuk meninjau tanggul di sungai tersebut. Setelah meninjau, Jokowi pun melanjutkan perjalanannya sambil diikuti komunitas bike to work. (Ant/Riz/Yus)

Baca juga:

Terminal Lebak Bulus Ditutup, Pengusaha Bus: Jokowi Kejam
Boediono `Kalah Tenar` dari Jokowi di SMA Tebet
Jokowi dan Boediono Blusukan ke Sekolah Menteng

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.