Sukses

[VIDEO] Gunung Sinabung Terus `Muntah`, Jarak Pandang Terbatas

Erupsi Gunung Sinabung terus terjadi. Membuat semburan abu menghalangi jarak pandang pengguna jalan. Perjalanan jadi berbahaya.

Gunung Sinabung terus 'muntah'. Minggu 5 Januari, gunung api itu kembali menyemburkan awan panas yang mengakibatkan hujan abu di sebagian besar wilayah Kabupaten Karo Sumatra Utara.

Awan panas akibat erupsi gungung itu, membawa material abu vulkanik dan  bergerak ke arah barat. Sehingga menimbulkan hujan abu yang sangat pekat.

Akibatnya arus lalu lintas di jalan lintas Sumatra dari Kabupaten Karo menuju Aceh Tenggara terganggu. Seperti dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (6/1/2014), jarak pandang terbatas hanya berkisar 5 meter. Sehingga para pengguna jalan harus berhati-hati saat melintas.

Sejumlah pengendara bahkan urung melanjutkan perjalanan, karena jarak pandang yang semakin buruk disertai tebalnya abu vulkanik yang menutupi jalan.

Sementara itu, sejumlah relawan membagikan masker kepada para penguna jalan dan meminta mereka untuk berhati-hati.

Daerah yang terparah terkena hujan abu antara lain Desa Kandibata dan Sukarame.

Hujan abu diperkirakan masih mungkin berlanjut bahkan meluas, bergantung tiupan angin. Sejauh ini, aktifitas Gunung Sinabung juga belum menunjukkan akan mereda. (Tnt)

Lihat juga:
[VIDEO] Awan Panas Sinabung Setinggi 3 Km Ancam Desa Bekerah
[VIDEO] Erupsi Gunung Sinabung Capai 4 Km, 2 Desa Dievakuasi
Gunung Sinabung Terus Keluarkan Awan Panas, Pengungsi Bertambah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.