Sukses

[VIDEO] Erupsi Gunung Sinabung Capai 4 Km, 2 Desa Dievakuasi

Warga 2 desa di dekat Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara, dievakuasi. Pasalnya Erupsi sudah mencapai 4 km ke rumah warga

Warga 2 desa di dekat Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara, dievakuasi. Penyebabnya, erupsi dan luncuran awan panas gunung berapi itu telah mencapai 4 kilometer ke arah desa tersebut.

Evakusai warga dilakukan setelah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menetapkan radius zona bahaya Sinabung diperluas menjadi 6 kilometer dari kawah Sinabung. Dengan adanya perluasan zona bahaya itu, desa Pintu Besi dan desa Jeraya kini masuk dalam zona bahaya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (4/1/2013), terlihat kepanikan dirasakan ratusan warga dari desa  Pintu Besi dan desa Jeraya, Jumat petang, saat proses evakusi. Dengan terburu-buru dan dihantui rasa takut, pengungsi segera memasuki mobil-mobil yang telah disiapkan.

Warga desa Pintu Besi dan desa Jeraya diungsikan ke sejumlah titik baru, seperti di Kota Berastagi dan Kaban Jahe. Dengan total terdapat 11 lokasi pengungsian baru yang disediakan satuan tanggap darurat erupsi Gunung Sinabung.
 
Hingga kini jumlah oengungsi Gunung Sinabung terus bertambah. tercatat, sudah 19 ribu warga yang menempati tempat pengungsian. (Dji/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.