Sukses

3 Korban KMP Munawar yang Tenggelam, Diduga Penumpang Gelap

Hingga kini 3 korban KMP Munawar Ferry masih dinyatakan hilang.

Dari data manifes atau data penumpang resmi yang dikeluarkan pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kayangan, Labuhan Lombok, ketiga nama yang dilaporkan keluarga korban tenggelam KMP Munawar Ferry tidak tercatat sebagai penumpang resmi. Sedangkan 7 orang lainnya termasuk korban yang ditemukan tewas, tercantum dalam daftar penumpang.

Sementara jumlah muatan penumpang yang tenggelam di perairan selat Alas, Sumbawa itu adalah 49 penumpang. ASDP pun yakin akan kebenaran data tersebut dan mengklaim tidak ada lagi penumpang yang resmi di kapal Munawar tersebut selain yang tertera namanya di daftar manifes.

"Data tersebut pasti benar dan kalau ada tambahan bisa jadi itu penumpang gelap, atau pedangang asongan," kata Manajer operasional ASDP Kayangan, M Yasin, Sabtu (4/1/2013).

Sementara salah seorang warga asal Kecamatan Sikur, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Mulhanudin Sabtu petang datang menemui tim Disaster Victim Identifications (DVI) yang bersiaga di terminal Pelabuhan Kayangan untuk melaporkan 3 keluarganya yang hilang saat berlayar menuju ke Sumbawa menggunakan KMP Munawar.

"Saya datang ke sini untuk melapor tentang kehilangan 3 keluarga saya, yaitu Inaq Kalsum, Murni dan Rizki," ungkap Mulhanudin.

Mulhanudin menjelaskan, sebelumnya 10 orang keluarganya pergi berobat ke Mataram. Usai berobat, mereka pun langsung ke Sumbawa menumpang KMP Munawar Ferry. Namun, sekitar pukul 05.00 WITA, Mulhanudin mendapat laporan, jika KMP Munawar tenggelam yang menyebabkan 3 orang penumpang tewas.

Dari korban tewas tersebut, 2 diantaranya adalah keluarga Mulhanudin yaitu Muksin dan Riska Febrina. Sementara, 5 orang lainnya selamat. Sedangkan, Rizki, Inaq Kalsum dan Murni masih belum ditemukan dan masih dinyatakan hilang. (Tya/Rmn)

Baca juga:

Arus Kencang Sulitkan Penyelam, Korban KM Munawar Karam Nihil
[VIDEO] Korban KM Munawar Tenggelam Dicari, Baru Dapat Pelampung

[VIDEO] Tim SAR Evakuasi Puluhan Korban Tenggelam KMP Munawar


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini