Sukses

Anggota Pramuka Ikut Bantu Pengamanan Natal

Polisi dibantu TNI, Satpol PP, dan anggota Pramuka mengamankan perayaan Natal di Gereja Kristen Jawa Rawamangun.

Persiapan terus dilakukan aparat untuk menjamin keamanan selama berlangsungnya ibadah di gereja-gereja menjelang Hari Raya Natal. Untuk pengaman, polisi dibantu pihak lain untuk mengamankan gereja seperti di Gereja Kristen Jawa Rawamangun.

"Biasanya dari Polsek Pulo Gadung dan Polres Jakarta Timur. Ada sekitar 20 orang," kata petugas keamanan Gereja Kristen Jawa Gunawan Setiabudi, Jakarta, Selasa (24/12/2013).

Gunawan mengatakan, bantuan pengamanan tidak hanya dari pihak kepolisian, namun juga dari Kodim Jakarta Timur, Satpol PP Walikota Jakarta Timur, hingga pramuka.

Saat ini belum ada aparat yang terlihat di sekitar gereja karena ibadah baru akan dimulai malam hari pukul 19.00 WIB. Meski gereja masih terlihat lengang dan sepi, beberapa personel kepolisian dari Polsek Rawamangun sudah mulai berjaga di posko utama pengamanan gereja daerah Rawamangun, tepatnya di depan Gereja Kudus.

Penjagaan akan diperketat pada Natal 25 Desember 2013 dengan ditambahnya personel keamanan. "Yang ramai itu pas tanggal 25-nya. Kebaktian dimulai pukul 07.30 pagi tapi mereka (aparat keamanan) sudah ada dari pukul 06.00," kata Gunawan. Setiap tahunnya, Gereja Kristen Jawa ini termasuk aman dari ancaman-ancaman teror bom Natal. (Mvi/Ein)

Baca juga:

Amankan Natal di Gereja Immanuel, 1.000 Polisi `Pasang Badan`
Beribadah Natal di Gereja, Kapolda: Jangan Bawa Barang Berlebihan
Libur Natal dan Tahun Baru, Tiket Pesawat ke Bali Ludes

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.