Sukses

Kepala BIN: Samadikun Dipulangkan, Wibawa Negara Dikembalikan

Pemulangan Samadikun Hartono sangat berarti bagi Indonesia. Kepulangan Samadikun merupakan hasil negosiasi Kepala BIN Sutiyoso di Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Buron kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) telah tiba di Tanah Air. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengatakan, pemulangan Samadikun Hartono sangat berarti bagi Indonesia.

"(Berarti) Kewibawaan negara dikembalikan," ucap Sutiyoso saat konferesi pers sesaat setelah Samadikun Hartono tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (21/4/2016) malam.

Buron kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) itu tiba di Indonesia pada Kamis (21/4/2014) malam sekitar pukul 21.43 WIB melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kedatangan Samadikun malam ini sebelumnya sudah dikonfirmasi oleh Jaksa Agung HM Prasetyo. Dia mengatakan, kepulangan Samadikun merupakan hasil negosiasi Kepala BIN Sutiyoso di Tiongkok.

"Nanti malam akan datang melalui Bandara Halim, kiriman barang (Samadikun Hartono) yang kita terima dari Bang Yos (Sutiyoso) di Shanghai sana," ujar Prasetyo di sela rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis ini.

Ditangkap di Shanghai

Samadikun Hartono ditangkap di Shanghai, Tiongkok. Komisaris Utama Bank Modern itu divonis 4 tahun penjara karena penyalahgunaan dana BLBI sebesar Rp 169,4 miliar. Dia kabur sesaat setelah Mahkamah Agung (MA) memperkuat vonis itu. Dia ditetapkan sebagai buron Kejaksaan Agung sejak 28 Mei 2003.

Buron BLBI itu sempat melarikan diri ke sejumlah negara, di antaranya Singapura. Dia juga disebut-sebut memiliki pabrik film di Tiongkok dan Vietnam.

Pelarian Samadikun terhenti setelah ditangkap tim pemburu koruptor yang merupakan tim gabungan dari Kementerian Luar Negeri, Badan Intelijen Negara, Interpol, Kepolisian, dan Kejaksaan Agung.

Menurut Kepala BIN Sutiyoso, pihaknya bekerja sama dengan aparat pemerintah China memantau pergerakan buron BLBI itu sebagai salah satu target operasi. Pemantauan ini sudah berjalan beberapa waktu lamanya.

"Berdasarkan info intelijen yang sudah matang, saya meyakini Samadikun Hartono akan berada pada satu lokasi di Shanghai karena akan menonton Formula 1," kata Sutiyoso kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin 18 April 2016.

Karena itu, saat kembali ke Indonesia, dia meminta satu tim dari BIN terus mengawasi lokasi tersebut. "Pada tanggal 14 April 2016 tengah malam, Samadikun mendatangi lokasi tersebut dan diamankan oleh aparat setempat atas permintaan BIN," kata Sutiyoso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.