Sukses

Tiba di Jakarta Malam Ini, Samadikun Langsung Dieksekusi

Buron kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono dipulangkan ke Indonesia hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Buron kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono dipulangkan ke Indonesia hari ini. Samadikun akan tiba di Indonesia pada Kamis (21/4/2014) malam melalui Bandara Halim Perdana Kusuma.

"Nanti malam akan datang melalui Bandara Halim, kiriman barang (Samadikun Hartono) yang kita terima dari Bang Yos (Sutiyoso) di Shanghai sana," ujar Jaksa Agung HM Prasetyo di sela rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (21/4/2016).

"(Samadikun merupakan) Buron yang sudah sekian lama kita kejar dari mulai sejak 2003, divonis dan sudah inkraht ternyata yang bersangkutan melarikan diri dan yang bersangkutan konon ternyata memiliki usaha di China dan Vietnam," imbuh dia.

Penangkapan dan pemulangan Samadikun, tegas Prasetyo, merupakan bukti kalau selama ini penegak hukum tidak diam atau membiarkan para buron bebas berada di luar negeri.

"Tentu dipahami ini juga sebenarnya juga memerlukan biaya. Kami bersyukur karena BIN, Badan Intelejen Nasional ini dengan wewenang yang ada mampu dan memang diperkenankan untuk‎ melakukan gerakan di luar negeri," kata Prasetyo.

Kejaksaan, sambung dia, akan terus bekerjasama dengan BIN untuk mencari buron-buron di luar negeri.

"Dengan Samadikun kembali malam ini, nanti akan segera kita eksekusi, mengurangi jumlah buron di luar negeri. Masih banyak yang lain (buron) ada Djoko Chandra, Bambang Sutrisno, dan masih banyak," Prasetyo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.