Sukses

Bambang Widjajanto: KPK Siap Laporkan Calon Menteri Bermasalah

Data-data calon menteri Kabinet Jokowi yang terindikasi bermasalah atau korupsi, penting dikemukakan karena menyangkut pusat kekuasaan.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga kini komposisi kabinet pemerintahan yang dibentuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) masih belum muncul. Namun, nama-nama yang telah masuk di Kabinet Jokowi-JK itu telah diserahkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diseleksi lebih lanjut.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan pihaknya akan melaporkan data-data calon menteri yang dinilai bermasalah ke Jokowi.

"Kalau KPK punya data signifikan, kita beri ke Pak Jokowi, pasti kita berikan, kita tidak sungkan-sungkan memberikan," kata Bambang dalam diskusi 'Tantangan Pemerintahan Jokowi-JK' di Gedung Joeang, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/10/2014).

Diakui Bambang, data-data calon menteri yang terindikasi bermasalah atau korupsi, penting dikemukakan karena menyangkut pusat kekuasaan. Meski demikian, Bambang mengaku belum melihat nama-nama menteri yang dilaporkan oleh Jokowi beberapa waktu lalu melalui Tim Transisi.

"Saya tidak tahu, Jumat kemarin saya tidak masuk, apakah sudah ada orang-orangnya (menteri) saya tidak tahu, saya belum cek," ucap dia.

Hari ini Jokowi dijadwalkan akan menerima catatan riwayat harta kekayaan dan rekam jejak para kandidat menteri dari KPK dan PPATK.

"Hari ini akan ada penyerahan dokumen dari KPK dan PPATK untuk kasih catatan soal calon menteri. Apakah ada kasus, ada indikasi yang mencurigakan atau yang perlu ditindaklanjuti," kata Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini.

Karenanya, sehari menjelang pelantikan, Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-JK melakukan pertemuan di kediaman Jokowi untuk membicarakan finalisasi kabinet. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini