Sukses

Minta Maaf karena Korupsi, Politisi Jepang Nangis Meraung-raung

Politisi tersebut diketahui menggunakan uang publik dengan berekreasi ke sebuah sumber air panas sebanyak 106 kali pada tahun 2013.

Liputan6.com, Tokyo - Seorang politisi Jepang Ryutaro Nonomura menyedot perhatian warga Jepang. Bukan karena hanya tindak korupsi yang ia lakukan, tetapi lantaran tangisannya.

Anggota parlemen berusia 47 tahun itu tak terduga menangis meraung-raung saat konferensi pers di muka publik. Berbagai dalih pun ia ungkapkan.

"Aku sebenarnya ingin menjadi agen perubahan. Aku telah mempertaruhkan nyawa untuk mengubah Jepang. Tahukah kalian?" ujar Ryutaro, seperti dimuat Guardian, Jumat (4/7/2014).

Dalam laporan media lokal, Ryutaro disebutkan itu telah menyalahgunakan uang negara. Ia diberikan uang tunjangan sekitar Rp 61 juta sebulan, yang sedianya digunakan untuk perjalanan dinas atau kunjungan kerja.

Akan tetapi Ryutaro malah menggunakannya untuk keperluan sendiri. Dia disebutkan telah menghabiskan uang negara sekitar Rp 358 juta untuk bepergian wisata ke Tokyo dan Fukuoka.

Selain itu, politisi tersebut juga diketahui menggunakan uang publik dengan berekreasi ke sebuah sumber air panas sebanyak 106 kali pada tahun 2013.

Rekaman video tangisan Ryutaro pun menyebar di dunia maya. Banyak orang mengejeknya, karena dinilai sangat tidak pantas menangis atas tindakannya tersebut.

"Sewaktu saya masih duduk di sekolah dasar, ada teman yang mencoba menjelaskan dengan menangis seperti itu," kicau @chiko86.

Ryutaro terpilih sebagai anggota dewan untuk daerah Hyugo, Jepang Barat pada 2011. Pihak Dewan Hyogo, Hideaka Asada mengatakan pihaknya belum menentukan sikap soal pelanggaran yang dilakukan Ryutaro. (Tnt)

Lihat video saat Ryutaro menangis di bawah ini

Baca juga:

Korut Makin Gencar Tembakan Rudal, Ngambek pada China?

Survei: Obama Presiden Terburuk AS

Roket Taliban Hancurkan Helikopter Presiden Afghanistan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

Video Terkini