Sukses

Korut Makin Gencar Tembakan Rudal, Ngambek pada China?

Selain terkait kunjungan Xi, peluncuran rudal ini juga ditengarai lantaran Korsel menolak permintaan Korut untuk mengurangi ketegangan.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara (Korut) tengah gencar meluncurkan rudal menjelang kunjungan Presiden China Xi Jinping. Kali ini, negeri paling tertutup di muka Bumi  tersebut menembakkan rudal balistik pada Rabu pagi ini.

Pejabat Korsel melaporkan bahwa Korut menghempaskan 2 rudalnya sejauh 110 mil atau sekitar 180 km dari Kota Pesisir Wonsan ke laut di kawasan timur, dekat Jepang, beberapa jam sebelum kedatangan Presiden Xi.

"Kunjungan Presiden China ini diharapkan bisa membicarakan program nuklir Utara (Korut)," ujar pejabat Korsel yang tak disebutkan namanya itu, seperti dimuat ABC, Rabu (2/6/2014).

Presiden China Xi Jinping dijadwalkan berkunjung ke Korsel Rabu ini. Lawatan tersebut merupakan yang kali pertama bagi pemimpin Tiongkok -- yang dikenal sekutu Korut -- ke Korsel.

Tapi ini merupakan pertemuan kelima antara Presiden Xi Jinping dengan Presiden Korsel Park Geun-hye. Park sebelumnya sudah empat kali menyambangi Beijing untuk berdialog dengan Xi.

Sementara Hubungan Korut dan China dikabarkan merenggang sejak Dewan Keamanan PBB yang beranggotakan Tiongkok menjatuhkan sanksi kepada Pyongyang atas uji rudal balistik. Beijing geram atas aksi sekutunya yang dinilai membahayakan kawasan.

Bentuk sanksi yang diterapkan PBB kepada Korut di antaranya berupa larangan bagi elite Korea Utara mengimpor barang mewah, seperti kapal pesiar, mobil balap, mobil mewah, dan sejumlah perhiasan. Negara anggota PBB juga diminta memeriksa seluruh kargo kapal dan pesawat Korut yang mencurigakan.

Sejak terpilih sebagai pemimpin Korut pada 2011, Kim Jong-un belum pernah bertemu dengan Xi.

Peluncuran rudal terbaru ini merupakan yang ketiga kalinya menjelang kunjungan Presiden Xi ke Korsel. Sebelumnya Korut dikabarkan telah melontarkan 3 misil jarak dekat pada Kamis pekan lalu. Pyongyang meluncurkan 2 rudal lagi pada Minggu 29 Juni 2014 lalu.

Selain terkait kunjungan Xi, peluncuran rudal ini juga ditengarai lantaran Korsel menolak permintaan Korut untuk mengurangi ketegangan. Pyongyang meminta Seoul untuk menghentikan latihan militer dengan Amerika Serikat. Korut menilai latihan gabungan Korsel-AS telah memprovokasi pihaknya.

Akan tetapi, Korsel menegaskan bahwa latihan militer dengan AS itu tidak bermaksud mengganggu stabilitas kawasan. Seoul menyatakan baru mau menyetop latihan bersama Washington bila Korut benar-benar serius menghentikan pengembangan nuklir. (Ein)

Baca juga:

Korut Ancam AS Perang Gara-gara Film Pembunuhan Kim Jong-un

Tentara Korsel Tembak Mati 5 Rekan di Perbatasan Korut

Kim Jong-un Marah Gara-gara Ramalan Cuaca Tak Akurat

Korut Ancam AS Perang Gara-gara Film Pembunuhan Kim Jong-un - See more at: http://www.liputan6.com/search?q=korut#sthash.tzfWNZTx.dpuf
Korut Ancam AS Perang Gara-gara Film Pembunuhan Kim Jong-un - See more at: http://www.liputan6.com/search?q=korut#sthash.tzfWNZTx.dpuf
Korut Ancam AS Perang Gara-gara Film Pembunuhan Kim Jong-un - See more at: http://www.liputan6.com/search?q=korut#sthash.tzfWNZTx.dpuf

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini