Sukses

Hujan Deras, Festival Dongdang di Bogor Sempat Kacau

Namun, warga masih antusias berebut hasil bumi yang diarak di festival tahunan Dongdang Bogor 2014.

Hancur sudah asa warga Bogor untuk bisa menikmati acara festival tahunan Dongdang Bogor 2014. Hujan lebat disertai angin membuat jalannya acara hajatan akbar yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bogor ini kacau balau.

Sedianya, acara dimulai pukul 07.00 WIB. Namun, karena sejak dini hari Bogor diguyur hujan, acara terpaksa molor selama 2 jam. Hujan makin menjadi, namun panitia memaksakan untuk memulai acara.

Alhasil ribuan peserta dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor hujan-hujanan menggelar arak-arakan yang sudah disediakan. Arak-arakan tersebut berisi hasil bumi yang nantinya dibagikan dan menjadi sasaran rebutan warga yang sedang menonton.

Di bawah hujan deras, ratusan warga yang didominasi anak kecil langsung menyerbu arak-arakan tersebut. Ada yang membawa singkong, buah mangga, sayur-mayur, rambutan, dan lainnya.

Bupati Bogor Rahmat Yasin mengatakan, meskipun hujan masyarakat tetap antusias mengikuti acara tahunan ini. "Hujan ini kan fenomena alam dan tidak bisa tolak, tapi saya lihat semangat warga tinggi untuk mengikuti acara ini," jelasnya kepada Liputan6.com, Sabtu (22/2/2014).

Rahmat Yasin mengatakan, Festival Dongdang Bogor 2014 ini melibatkan unsur tradisi masyarakat. Untuk itu, kata dia, tradisi ini harus dikembangkan dan dilestarikan. (Mvi/Ein)

Baca juga:

Hujan Guyur Jakarta, Pintu Air Manggarai Siaga IV
Katulampa Siaga III, Jakarta Diimbau Waspada Banjir Sore Ini
BMKG: Jakarta Hari Ini Bakal Diguyur Hujan Seharian


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini