Sukses

[VIDEO] Lagi, 2 Binatang di KBS Mati

Kematian 2 satwa ini akan membuat julukan KBS sebagai kebun binatang pembantai hewan kian sulit terbantahkan.

Berita duka kembali datang dari Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur. Seekor sapi Pakistan dan seekor baboon koleksi kebun binatang terbesar di tanah air itu mati.

Julukan bernada sumbang untuk KBS sebagai kebun binatang pembantai hewan tampaknya makin sulit terbantahkan. Setelah sejumlah hewan koleksi KBS mati dengan berbagai cara, dua satwa lagi mati.

Kali ini, satwa yang mati adalah sapi Pakistan atau Nilgai Bocelaphus Tragocamelus, dan kera baboon Papio Anubis. Kedua binatang itu mati dalam perawatan di klinik karantina KBS.

"Lagi di karantina. Ada gangguana di kaki, hasil otopsi menyebut penyebab kematian sapi akibat sakit di persendian 2 kaki depannya, sehingga tidak bisa berjalan," kata Humas Pengelola KBS, Agus Supangat, dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (22/2/2014)
 
Agus menambahkan, sapi Pakistan berkelamin jantan berusia 20 tahun itu juga mati lantaran sakit paru-paru. Sedangkan kera baboon Papio Anubis mati dikarenakan faktor usia.

Sebelumnya, kera baboon betina itu sempat dirawat selama satu setengah bulan di unit klinik karantina satwa KBS. Hasil otopsi menunjukkan, kera baboon mengidap penyakit gangguan hati.

Dengan kematian satwa-satwa ini, koleksi sapi Pakistan di KBS tinggal tersisa 2 ekor. Sedangkan kera baboon sudah tidak tersisa lagi. Semua organ tubuh kedua satwa itu sudah dikirim ke fakultas kedokteran hewan Universits Airlangga untuk diteliti. (Ali)

Baca juga:

Polisi Hentikan Penyelidikan Kematian Singa KBS

Selamatkan KBS, Pemkot Surabaya Kucurkan Rp 54 Miliar

Sepanjang 2013, KBS Lahirkan 292 Satwa Baru

Baca juga:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini