Sukses

Selamatkan KBS, Pemkot Surabaya Kucurkan Rp 54 Miliar

Anggaran itu akan digunakan untuk beberapa kegiatan. Diantaranya adalah merenovasi 50 kandang satwa di KBS, dan untuk water treatment.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan anggaran sebesar Rp 54 Miliar selama 5 tahun ke depan untuk Kebun Binatang Surabaya (KBS). Sebelumnya, pada 2013 lalu, Pemkot sudah mengucurkan anggaran sebesar Rp 5,1 Miliar. Anggaran tersebut akan diturunkan secara bertahap.

"Dari APBD kami sudah menyiapkan anggaran, nanti akan diturunkan secara bertahap hingga tahun 2018 mendatang," kata Humas KBS, Agus Supangkat di Surabaya, Rabu (12/2/2014).

Menurut Agus, anggaran sebesar itu akan digunakan untuk beberapa kegiatan. Di antaranya adalah merenovasi 50 kandang satwa di KBS, dan untuk water treatment. Selain menyiapkan anggaran dari APBD, KBS nantinya juga akan dibantu oleh 3 negara asing, yakni Amerika Serikat, Jepang dan China dalam pengelolaan KBS.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini sebelumnya telah mengatakan, konsulat jenderal 3 negara tersebut akan menyiapkan bapak asuh bagi satwa di KBS. Mereka juga akan mengandeng lembaga konservasi dan LSM di negara setempat, untuk berbagi ilmu pengelolaan satwa.  

Berdasarkan informasi yang dihimpun, anggaran yang disediakan oleh Pemkot Surabaya ini, jumlahnya masih jauh dibawah perencanaan Tim Pengelola Sementara KBS yang diketuai Tony Sumampau. Di tahun 2011, tim TPS merencanakan anggaran sebesar Rp 162 Miliar.

Dari anggaran itu, sekitar Rp 90 miliar dialokasikan untuk pembenahan dan pembangunan KBS, termasuk juga perbaikan sistem pengairan, pelatihan SDM dan pembangunan sarana prasarana umum. (Adm/Mut)

Baca Juga:
Sepanjang 2013, KBS Lahirkan 292 Satwa Baru
Tak Ada Izin, Walikota Risma Sulit Beri Investasi KBS
Kisruh KBS, Walikota Risma Tagih Janji Menhut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini