Sukses

Dahsyatnya Sinkhole Membelah Rumah di Inggris

Dalam 2 bulan terakhir, 6 sinkhole sudah terbentuk di Inggris. Terakhir terancam menghancurkan rumah pasangan paro baya.

Hati Peter Cunningham dan istrinya Susan dirundung kekhawatiran. Pasangan paro baya itu terancam tak lagi bisa kembali ke rumah mereka. Sebab, lubang runtuhan atau sinkhole raksasa terancam menelan bangunan tempat bernaung mereka yang dibangun dari batu bata.

Penghuni 2 rumah terdekat juga dievakuasi, setelah lubang selebar 25 kaki atau 7,62 meter terbuka di jalan. Area di sekitar pemukiman di Magdalen's Road, Ripon, North Yorkshire, Inggris saat ini masih dikaji keamanannya oleh para insinyur.



Layanan darurat disiagakan setelah Peter Cunningham (61) kembali ke rumahnya dan menemukan celah lebar yang membelah dinding rumahnya. "Aku pulang ke rumah dan memasukkan kunci ke lubangnya, tapi pintu tak terbuka," kata dia seperti dimuat Daily Mail, 18 Februari 2014.

"Aku langsung merasa, ini aneh. Lalu aku melihat ada celah di teras dan ketika aku mendongak, ternyata dinding rumah juga retak."

Magdelen's Road -- di mana rumah Peter berada -- dekat dengan area Ure Bank Terrace, di mana sinkhole raksasa terbentuk pada 1997.

Sinkhole yang terbentuk di Magdelen's Road diyakini sebagai yang keenam yang terbentuk di Inggris dalam 2 bulan.

Lainnya, termasuk yang terbentuk di halaman sebuah rumah di High Wycombe, Buckinghamshire -- yang menelan mobil milik seorang remaja. Sinkhole di area tersebut berkaitan dengan sejarah: pada masa lalu penduduk kawasan Naphill dan Walters Ash menambang tanah liat untuk dijadikan batu bata. Juga menggali kapur untuk lahan pertanian dan batu untuk membuat bangunan dan material jalan.

Sejarah mencatat, kegiatan tersebut dilakukan pada awal tahun 1800-an sampai 1950-an. Cuaca basah baru-baru ini mungkin telah menyebabkan lubang terbuka, dengan mengikis tanah yang rapuh.

Sinkhole juga terbentuk di sebuah taman rumah di Banehurst, tenggara London, di dekat trampolin tempat main anak-anak.

Sinkhole Terus Mengancam



Inggris masih menghadapi ancaman sinkhole dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Peringatan tersebut disampaikan Badan Survei Geologi Inggris atau British Geological Survey (BGS) yang mempelajari fenomena tanah runtuh di seluruh negeri.

Dr Tony Cooper dari BGS mengatakan, sinkhole terkait dengan kerentanan sebuah area, yang bergantung pada batuan pembentuknya. Salah satunya gipsum yang rentan terkikis air.

"Jika Anda mengambil sepotong gipsum ukuran sebuah mobil van dan meninggalkannya di sungai, ia akan terlarut sekitar 18 bulan," kata dia seperti dimuat BBC.

Faktor kunci lainnya adalah sifat geologi itu sendiri. Sejumlah batuan terdapat gua-gua alami, atau bekas tambang. Tanah dan batuan di atas rongga tersebut bisa runtuh akibat hujan deras.

Meski sinkhole bisa terbuka karena beberapa alasan, sejauh ini penyebab yang biasa ditemui adalah air yang masuk secara tiba-tiba. Dan saat ini, hujan musim dingin menjadi tersangkanya.

Para ahli geologi menyarankan, dilakukan pengkajian wilayah sebelum dilakukan pembangunan. Jika ditemukan rawan sinkhole, tanah wajib distabilkan. (Ein/Sss)

Baca juga:

Inggris Banjir Parah, Badan Meteorologi: Salahkan Indonesia!
Fakta Lubang Sinkhole Yang Bisa Selamatkan Nyawa Anda!
Sinkhole Tiba-tiba Muncul di Depan Rumah... `Telan` Mobil VW

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini