Sukses

Tinggalkan Malang, SBY Terbang ke Sulsel

Setelah 3 hari di Jawa Timur untuk memastikan penanganan tanggap darurat dampak letusan Gunung Kelud, Presiden SBY ke Sulawesi Selatan.

Setelah 3 hari di Jawa Timur untuk memastikan penanganan tanggap darurat dampak letusan Gunung Kelud, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melanjutkan kunjungan kerja ke Makassar, Sulawesi Selatan.

SBY bertolak dari Malang ke Makassar pukul 07.30 WIB, Rabu (19/2/2014). Seperti dilansir dari presidenri.go.id, SBY akan meresmikan Pabrik Semen Tonasa V di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Selain pabrik semen, SBY juga akan meresmikan pembangkit listrik 2x35 MW milik PT Semen Tonasa serta proyek-proyek infrastruktur lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Setelah peresmian, sore harinya SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono menuju Kota Parepare.

Kunjungan ke Sulsel ini akan berlangsung hingga Minggu 23 Februari mendatang. SBY juga dijadwalkan meninjau Masjid Darussalam, SDN No 140 Kabare, serta Baruga (Pendopo) Pak Letnan di Kabupaten Enrekang. Di sini, SBY juga akan bersilaturahmi dengan para perwira TNI AD jajaran Kodam VII/Wirabuana dan tokoh masyarakat setempat.

Pesta Adat Kematian

Selanjutnya, SBY dan Ibu Ani menuju Kabupaten Tana Toraja untuk menyaksikan beberapa acara adat setempat, seperti pesta adat kematian dan adu kerbau. SBY dan Ibu Ani juga akan menerima anugerah gelar adat sebagai warga kehormatan adat masyarakat Toraja. SBY diagendakan juga mengunjungi Rumah Adat Toraja 'Tongkonan' di Kabupaten Toraja Utara.

SBY juga akan ke Palopo. Menurut rencana, SBY akan menerima Gelar Adat dari Kerajaan/Kedatuan Luwu yaitu Anakaji To Appamaneng RI Luwu. Gelar ini memiliki arti Pemimpin Pemersatu Dua Kerajaan dan Pembawa Amanah Kebesaran Kerajaan Luwu. Ibu Ani akan menerima Gelar Adat We Tappacina Wara-Wara'e yaitu Permaisuri Datu Luwu Anakaji yang berasal dari Majapahit yang bermukim dan membawa perubahan di Tanah Luwu.

Dari Palopo, SBY dijadwalkan meneruskan perjalanan ke Kabupaten Wajo dan Kabupaten Sindereng Rappang. Di lokasi terakhir ini untuk meninjau peternakan sapi PT Berdikari United Livestock. Sebelum kembali ke Makassar, SBY akan mengunjungi Kabupaten Barru untuk meninjau Tambak Pendidikan Hasanuddin.

Menyertai dalam safari kunjungan ke beberapa lokasi di Sulsel ini antara lain Menko Polhulkam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menteri PU Djoko Kirmanto, Menkes Nafsiah Mboi, dan Mendikbud Mohammad Nuh. (Sss/Ism)

Baca juga:

SBY Minta Pengungsi Kelud Belajar dari Sinabung

SBY Makan Nasi Bungkus Bareng Pengungsi Kelud di Batu

[VIDEO] SBY Janji Pemerintah Bantu Perbaiki Rumah Korban Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini